SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilot (flightschoollist.com)

Ilustrasi (flightschoollist.com)

JAKARTA — Di tengah kekurangan tenaga pilot di industri penerbangan nasional, sekitar 200 orang mantan pilot Batavia Air belum jelas nasibnya karena lisensi terbang mereka masih tertahan di perusahaan yang berhenti beroperasi akibat pailit itu.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Para mantan pilot Batavia Air itu kini masih mengupayakan agar lisensi terbang serta ijasahnya yang tertahan di Batavia Air bisa segera keluar agar bisa melamar ke maskapai lain. “Kami hitung ada sekitar 200 pilot Batavia Air yang nasibnya belum jelas dan masih menganggur. Lisensi terbang dan ijasahnya masih tertahan di maskapai yang sudah stop operasi itu,” kata Presiden Federasi Pilot Indonesia Hasfrinsyah, Minggu (17/2/2013).

Dia berharap para mantan pilot Batavia ini agar pro aktif mengadukan status hubungan kerjanya ke regulator yakni Kementerian Perhubungan ataupun Federasi Pilot Indonesia (FPI). Hubungan status pekerjaan ini dinilai penting sebab manajemen Batavia Air sudah lepas tangan dan kurator juga tidak mengurusi pilot. Hasfrinsyah menjelaskan lisensi para mantan pilot ini ditahan Batavia Air karena selama bekerja, mereka masih terikat kontrak hingga beberapa tahun kedepan dengan perusahaan. Namun seiring Batavia Air tiba-tiba dipailitkan dan stop beroperasi, akhirnya semua karyawan termasuk pilot diberhentikan pula.

Pilot sendiri juga, lanjutnya, harus mengurus surat keterangan kerja ataupun status sudah tidak bekerja lagi di Batavia Air. Namun karena manajemen Batavia Air tidak bisa memberikan surat keterangan tersebut, maka Kemenhub atau federasi akan membantunya. “Federasi akan membantu membuatkan, dan diharapkan Kemenhub juga membantu,” tutur Hasfrinsyah.

Hasfrinsyah menyebutkan saat ini sudah ada beberapa mantan pilot Batavia Air yang mau menampung mantan mereka yaitu Indonesia AirAsia dan Citilink Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan Bobby Mamahit mengatakan pihaknya akan membantu 200 mantan pilot Batavia Air ini. “Tentu kami bantu, karena hampir semua maskapai di Tanah Air masih sangat memerlukan pilot dalam jumlah banyak,” kata Bobby.

Bobby mengungkapkan jumlah penerbang yang bisa dihasilkan saat ini rata-rata hanya 400 orang per tahun dari 15 sekolah penerbangan di Tanah Air. Adapun kebutuhan tambahan pilot sekitar 800 orang per tahun tahun. Hal tersebut terjadi karena beberapa kendala terutama terkait fasilitas sebagian sekolah belum memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya