SOLOPOS.COM - Ilustrasi nasi putih rendah kalori (Boldsky.com)

Solopos.com, SOLO -- Banyak yang beranggapan mengonsumsi nasi putih bisa bikin seseorang menjadi gemuk. Kandungan karbohidrat dalam nasi inilah yang berpendapat berat badan seseorang bisa bertambah karena makan nasi putih.

Padahal hal tersebut tidak semuannya benar. Pasalnya, tergantung dengan porsi nasi yang Anda konsumsi. Konsumsilah nasi secara tepat dan wajar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hai Cewek, Ini Lho Gaya Ganteng Om Pemersatu Bangsa Phillip Jusuf

Dilansir Detik.com, seorang perempuan yang tak ingin gemuk bisa membatasi konsumsi nasi putih sebanyak 104 gram per porsinya. Dan untuk pria adalah 130 gram.

Jika dalam program diet, perempuan harus membatasi konsumsi nasi sebesar 37 gram per porsi dan pria sebanyak 50 gram per porsinya.

Usia Berapa Anak Boleh Punya HP Sendiri?

Namun, perlu Anda ingat, waktu yang tepat untuk mengonsumsi nasi adalah siang hari. Dalam sebuah penelitian menyebutkan konsumsi nasi putih pada siang hari membuat metabolisme tubuh lebih cepat sehingga dapat mencerna semua makanan berat.

Ilustrasi orang obestitas atau kegemukan
Ilustrasi orang obestitas atau kegemukan (Freepik)

Selain itu, pada siang hari aktivitas seseorang tinggi sehingga tubuh membutuhkan energi yang banyak.

Banyak yang Tak Tahu! 5 Artis Cantik Ini Ternyata Punya Suami Polisi

Membaca Karakter Anak dari Jam Lahir, Cek Sekarang!

Kinerja Otak

Sebaliknya, jika mengonsumsi nasi putih saat pagi hari justru bikin gemuk lantaran metabolisme tubuh masih lambat sehingga proses mencernanya cenderung lama.

Guru Besar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, I Made Djaja mengatakan sarapan nasi putih yang pas bisa membuat fungssi otak bekerja menjadi lebih baik. Dengan catatan, porsinya sesuai aturan tadi dan mengimbanginya dengan makanan sehat lainnya, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

Cara Membuat Rumah Sejuk Tanpa AC, Hemat Kantong Lho!

"Karbohidrat yang masuk ketika makan saat pagi, siang atau malam hari harus seimbang. Jangan sampai karbohidrat yang masuk jumlahnya melebihi kapasitas tubuh," ujar Djaja.

Bahaya Orang Tua Bertengkar Depan Anak, Nomor 2 Fatal!

Waduh! Pakai Kuteks Bikin Berat Badan Naik, Kok Bisa ya?

Deretan Artis yang Jadi PNS, Nomor 3 Pasti Nggak Nyangka!

Sedang Program Menurunkan Berat Badan? Ini Kumpulan Tipsnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya