SOLOPOS.COM - Railbus Batara Kresna (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Railbus Batara Kresna (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO — Railbus Batara Kresna dipastikan tak akan mendapat subsidi biaya operasional dari Pemkot Solo. Pemkot beranggapan pemberian subsidi justru berpotensi tidak tepat sasaran dan menyalahi regulasi. Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan Railbus perlu disubsidi pemerintah setelah pencoretan rute Solo-Jogja. Subsidi dinilai penting lantaran okupansi Railbus diprediksi menyusut 60% seusai pencoretan rute tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sangat tertutup untuk itu (subsidi). Pertanggungjawabannya sulit,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Budi Suharto, saat ditemui di Stadion Manahan Solo, Jumat (25/1/2013).

Budi menerangkan, penerima manfaat subsidi melalui APBD harusnya warga Solo yang notabene ikut menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Sementara praktiknya, moda transportasi massal seharga Rp16 miliar itu bebas dinaiki siapa saja.

“Apa kita mau menyeleksi penumpangnya ber-KTP Solo atau tidak? Kan tidak seperti itu,” tuturnya. Menurut Budi, pemberian subsidi juga terganjal regulasi. Sekda menegaskan badan hukum seperti PT KAI tak berhak menerima subsidi.

Menyikapi kompleksnya permasalahan Railbus, Pemkot berencana menyurati Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Hal itu terkait permohonan subsidi dan pembukaan kembali jalur Solo-Jogja.

“Kami berupaya rute Solo-Jogja tetap ada. Untuk subsidi, kami akan coba mengusahakannya ke pusat.” Menurut Budi, permohonan subsidi ke pusat menjadi opsi logis bagi keberlanjutan Railbus. “Kami yakin regulasi di Pemkot Solo, Pemkab Sukoharjo dan Wonogiri tak akan bisa memberi subsidi bagi Railbus,” tuturnya.

Lebih jauh, Sekda meminta PT KAI turut bergerak dengan mengevaluasi waktu perjalanan Railbus. Menurutnya, ketidaksesuaian waktu pemberangkatan dengan keinginan konsumen juga menjadi kontribusi minimnya okupansi Railbus. Diketahui, tingkat keterisian rute Solo-Sukoharjo hanya mencapai 30%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya