SOLOPOS.COM - Kepala Kepolisian Resor Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga memberikan pengarahan kepada personel gabungan pengamanan Pilkades Serentak 2019 di depan Mapolres Batang, Jawa Tengah, Sabtu (28/9/2019). (Antara-Kutnadi)

Semarangpos.com, BATANG — Polres Batang menerjunkan perrsonel yang humanis pada pengamanan pemilihan umum kepala desa (pilkades) serentak, Minggu (29/9/2019). Sikap humanis dikedepankan polisi saat menghadapi masyarakat desa yang merayakan pesta demokrasi lokal itu.

Kapolres Batang AKBP Edi Suranta Sinulingga mengatakan pengamanan pilkades yang bisa berlangsung aman dan kondusif akan menjadi prestasi tersendiri bagi para anggota yang bertugas. “Akan tetapi, jika ada anggota melakukan kesalahan dalam menjalankan tugas pengamanan pilkades maka itu akan menjadi tanggung jawab pimpinan, bukan pada anak buah. Oleh karena, kami ingatkan kepada para anggota tidak diperbolehkan bertindak represif,” katanya saat Apel Pergeseran Pasukan dalam Rangka Pengamanan Pilkades 2019 di Batang, Jawa Tengah, Sabtu (28/9/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, anggota Polri harus bersikap sabar, humanis, dan menjaga sopan santun, serta tidak terpancing emosinya pada saat berhadapan dengan massa yang sedang marah. “Kami minta anggota memiliki spirit leader saat menjalankan tugas pengamanan. Jangan terpancing emosi, tetapi ke depan sikap humanis, sabar, dan sopan santun,” katanya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata mengatakan pemkab bersama institusi pendukung lainnya memastikan telah merampungkan segala persiapan teknis terkait pelaksanaan Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan Minggu. Pada Pilkades Serentak ini, kata dia, akan dilaksanakan di 205 desa dengan jumlah calon kepala desa [cakades] 565 orang.

“Insya Allah seluruh persiapan teknis maupun nonteknis sudah selesai. Oleh karena, kami minta dukungan pada warga desa ikut menjaga situasi desa tetap aman dan kondusif,” katanya. Ia menambahkan pada pelaksanaan Pilkades Serentak ini, pemkab telah menyiapkan tim real count untuk memantau proses rekapitulasi suara di 205 desa itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya