SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, PEKALONGAN — Bupati Batang Wihaji menyatakan pemerintah kabupatennya akan membangun gedung olahraga(GOR) tertutup senilai Rp50 miliar. “Rencananya pembangunan GOR indoor akan kita mulai 2020 dengan menyesuaikan kemampuan keuangan daerah,” katanya di Batang, Jawa Tengah, Sabtu (9/3/2019).

Selain membangun GOR tertutup, Pemkab Batang juga akan menambah tribun penonton GOR M. Sarengat dengan anggaran senilai Rp1,5 miliar. “Kita memastikan pada 2020 wajib hukumnya menambah tribun penonton GOR M. Sarengat. Sebenarnya, pada 2019 sudah kita usulkan namun karena kemampuan keuangan daerah yang belum mencukupi, maka ditunda,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bupati mengatakan pada 2020 mendatang Pemkab Batang akan lebih memprioritaskan peningkatan investasi, pemerataan kualitas pembangunan infrastruktur yang berwawasan lingkungan, dan optimalisasi sarana prasarana pertanian. Selain itu, kata dia, juga akan diprioritaskan pula pengembangan usaha pertanian dengan pengembangan teknologi tepat guna, pengembangan pariwisata, dan peningkatan produksi perikanan tangkap, serta budidaya perikanan.

“Akan tetapi dengan mengingat kemampuan keuangan daerah yang belum mencukupi untuk memenuhi prioritas pembangunan itu, maka kita akan melakukan efisiensi kegiatan, bantuan sosial, dan hibah yang kurang optimal manfaatnya. Program rutin tetapi manfaatnya kurang kita hilangkan, bantuan hibah yang kurang optimal dikurangi, tapi kalau manfaatnya jelas dan kelihatan, maka dilanjutkan,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengkaver program prioritas itu, Pemkab Batang tidak akan terus mengandalkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat, namun akan lebih mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD). “Kita akan genjot PAD melalui pajak dan retribusi, karena potensi sangat banyak namun belum dioptimlakan. Hal ini menjadi tugas bersama demi kesejahteraan masyarakat Batang,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya