SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sosok Bastian Schweinsteiger sejauh ini memang belum membukukan gol di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Namun gelandang Bayern Muenchen ini layak disebut sebagai mesin Tim Panser Jerman.

Schweinsteiger terpilih sebagai <I>Man of The Match<I> versi Badan Sepak Bola Dunia (FIFA) dalam laga antara Der Panzer Jerman versus Tim Tango Argentina di babak perempat final, Sabtu (3/7) malam WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Memang tidak ada gol yang diciptakan pemain bernomor punggung 7 ini, tapi ia berperan besar dalam lahirnya skor bagi Die Nationalelf. Gol pertama yang dicetak Thomas Mueller menit ke-3, lahir dari servis tendangan bebas Schweinsteiger dari sisi kanan pertahanan Argentina.

Memasuki babak kedua, pada menit ke-73, tusukannya di sisi kanan pertahanan Argentina berbuah manis. Umpannya kepada Arne Friederich mampu dikonversi menjadi gol ketiga bagi Jerman. “Kemenangan ini membuatmu merinding, mengetahui orang-orang merayakannya di rumah,” ujar Schweinsteiger seperti dirilis Reuters, Minggu (4/7).

Tidak hanya kala menghadapi Argentina, Schweni, sapaan akrab Schweinsteiger, memegang peran vital bagi Jerman. Statistik dari situs resmi FIFA menunjukkan pemain kelahiran 1 Agustus 1984 ini berhasil membukukan 382 passing sejauh ini (dengan pass completion rate 77%).

Dia juga rajin mendatangkan teror ke arah penjaga gawang lawan, yang sekaligus bisa menjadi alternatif serangan Der Panzer. Dari delapan tembakan Schweinsteiger, tujuh di antaranya dilepas dari luar kotak penalti. Dua tembakan on target, dan tiga berhasil diblok lawan.

Schweinsteiger sempat memprediksi bakal berhadapan dengan Spanyol di semifinal. Perkiraan gelandang Bayern Muenchen ini terkabul. Spanyol, lawan yang pernah memecundangi mereka di final Euro 2008, akan menjadi pesaing Jerman untuk menggenggam tiket final.

Nama: Bastian Schweinsteiger
Nama panggilan: Schweini
Tanggal lahir: 31 Juli 1984
Tempat lahir: Kolbermoor
Tinggi badan: 183 cm
Berat badan: 79 kg
Posisi: Gelandang
Nomor punggung: 7
Klub: Bayern Muenchen

JIBI/SOLOPOS/dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya