SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jerawat kerap menjadi momok bagi para remaja. Bahkan tak sedikit dari mereka yang kehilangan rasa percaya diri karena terbebani masalah jerawat.

Marketing Toko  Herbal Al Anshor Health, Nawir menjelaskan, banyak penyebab sehingga seseorang berjerawat, mulai dari faktor makanan, faktor genetik turunan orangtua. Selain itu, ada pula faktor hormon seperti saat pubertas menginjak belia, iritasi kulit atau stres.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jerawat  merupakan kondisi kulit yang melibatkan kelenjar minyak. Hal ini ditandai adanya komedo yang menempel pada permukaan kulit dalam jumlah yang cukup banyak,” jelasnya saat dihubungi Harian Jogja, Minggu (27/11).
   
Idealnya perawatan kulit harus dilakukan jauh sebelum jerawat muncul. Hal yang dapat dilakukan antara lain menjaga kebersihan dengan mandi secara teratur dan membersihkan muka seusai bepergian.
   
Selain itu, mencegah jerawat juga dapat dilakukan dengan mengenakan pakaian bersih dan tidur di bantal bersih. Jika kebersihan lingkungan tidak dapat terjaga dengan baik, jerawat justru semakin meradang dan menimbulkan jerawat baru.
   
Sebagian orang jika terserang jerawat, biasanya bingung memilih berbagai produk. Tak jarang produk yang dipilih ternyata mengandung bahan kimia berbahaya. Efek sampingnya bisa menyebabkan iritasi kulit.
   
“Jika sudah memiliki jerawat, jangan coba untuk menyentuh atau menekannya. Hal tersebut dapat menyebabkan luka permanen. Lebih baik segera diatasi dengan cara herbal, yakni menggunakan daun serai,” ujarnya.
   
Sekilas mendengar daun serai, pastinya terbayang penyedap aroma masakan dan sebagai salah satu bumbu dapur. Ternyata serai yang memiliki kandungan minyak atsiri ini bermanfaat dalam dunia kecantikan, yakni sebagai pembasmi jerawat.
   
Tak hanya mengatasi jerawat,  tumbuhan yang memiliki nama latin Andropogon nardus Linn ini ternyata cukup  efektif  membersihkan, melembutkan, dan mencegah flek hitam. Bahkan juga bisa mengobati pecah-pecah di kaki dan menghilangkan gatal-gatal.
   
Jika ingin menggunakannya secara praktis, serai juga telah tersedia dalam bentuk sabun mandi yang dapat digunakan setiap saat. Mula-mula bersihkan muka dengan air, lalu usap sabun di seluruh bagian muka, lalu bilas dengan air hingga bersih.
   
“Sabun tersebut dapat digunakan setiap kali mandi dan sebelum tidur sebagai sabun pencuci muka. Sabun herbal ini tidak memiliki efek samping sama sekali, sehingga tak perlu khawatir untuk pemakaian setiap hari,” pungkasnya.(Wartawan Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya