Baskara Putra (Instagram)

Solopos.com, SOLO - Vokalis grup musik Feast yang juga bersolo karier dengan nama Hindia, Daniel Baskara Putra, menilai popularitas tak sepenuhnya menyenangkan. Kesuksesan yang sangat cepat justru disebut menguras energi. Ia mengalami mental breakdown di awal 2019. Bukannya tidak siap, tapi seperti dipaksa untuk siap.

Sejak itu, Baskara merasa tidak punya ruang untuk dirinya sendiri. Sekarang, bahkan tidak ada satu hari pun tanpa diajak foto oleh penggemar. Ia perlu mengeluarkan energi lebih untuk sekadar menerima ajakan berfoto atau mengobrol bareng.

Garang! 5 Supercar Ini Bisa Melaju 100 Km per Jam di Bawah 3 Detik

Baskara menceritakan soal dirinya yang sering dijadikan tempat mengadu penggemar. Mulai dari masalah seputar Hak Asasi Manusia (HAM) sampai kesehatan mental. “Popularitas tu melelahkan,” kata musikus muda yang baru merilis album Menari dengan Bayangan.

Album tersebut, kata Baskara sengaja dibuat untuk dirinya sendiri. Sekaligus menjadi sebuah terapi menyelamatkan diri. “Gue merasa album Mantra Mantra [milik Kunto Aji] menyelamatkan hidup gue di awal tahun ini. Kalau enggak ada itu, enggak ada Hindia,” kata Baskara dalam rilis yang disampaikan kepada Solopos.com, akhir pekan lalu.

Shin Tae-Yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Berapa Bayarannya?

Lagu-lagu Baskara sendiri dikenal menentramkan, namun terkesan sarkastik. Narasi liriknya berisi ajakan melawan cemas dengan berhenti mendramatisir kesedihan. “Kita semua gagal. Ambil sedikit tisu. Bersedihlah secukupnya,” tulisnya di lirik lagu Secukupnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten