SOLOPOS.COM - Suasana upacara penyambutan dan pelepasan Kapolda DIY, Jumat (12/4) pagi. Sunartono/JIBI/Harian Jogja

 

Suasana upacara penyambutan dan pelepasan Kapolda DIY, Jumat (12/4) pagi. Sunartono/JIBI/Harian Jogja

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

SLEMAN-Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana M Widya akan menggunakan filosofi gamelan Jawa dalam upaya memimpin kinerja polisi guna memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Haka saat menjadi Inspektur Upacara penyambutan dan pelepasan Kapolda DIY, Jumat (12/4/2013) pagi.

Menurut Haka, kepolisian harus mampu menempatkan diri seperti halnya filosofi dalam gamelan Jawa. Kendati dibuat dari berbagai macam bahan dan bentuk, namun saat dimainkan bisa menghasilkan harmonisasi musik yang enak didengar.

“Mari kita gunakan filosofi gamelan Jawa. Dengan bentuk, bahan dan suaranya juga bermacam tapi ketika dibunyikan oleh orang yang profesional atau ahli dibidangnya maka suaranya akan menjadi musik yang enak didengar baik secara fisik dan psikis,” ungkap Haka di depan ratusan anggota kepolisian di Mapolda DIY.

Filosofi gamelan Jawa, lanjutnya, cocok dengan situasi kondisi masyarakat Jogja yang multi etnik, heterogen dengan berbagai macam kepentingan. Polisi harus mampu berada di tengah kondisi rawan konflik serta memberikan rasa aman. Sehingga haromisasi antar masyarakat berjalan dengan baik.

Ia menambahkan melalui pendekatan budaya kepolisian harus mampu bersinergi dengan masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban. Dalam upacara tersebut mantan Kapolda DIY Brigjen Pol Sabar Raharja juga turut menjadi inspektur. Sabar berpesan kepada kepolisian di lingkungan Polda DIY untuk meningkatkan semangat juang dan konsisten dalam melayani masyarakat.

“Rawe-rawe rantas malang-malang putung,” ucapnya pria yang menjabat Kapolda DIY selama 10 bulan 11 hari itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya