Baru Lahir, Bayi Laki-Laki Dibuang di Saluran Irigasi Tulung Klaten

Solopos.com, KLATEN -- Warga Bendo RT 010/RW 002, Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, digemparkan dengan kasus pembuangan bayi laki-laki di saluran irigasi di kawasan itu, Sabtu (8/2/2020) siang pukul 13.00 WIB. Saat ditemukan beberapa bocah pencari cacing, bayi laki-laki tersebut sudah tak bernyawa.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, penemuan bayi laki-laki itu bermula saat ada tiga bocah ingin mencari cacing. Saat melintas di saluran irigasi yang berjarak 50 meter dari jalan Dukuh Bendo itu, mereka melihat bayi. Ketiga bocah itu sempat berteriak-teriak sebelum memberitahukannya ke warga terdekat di lokasi penemuan.

Lampion Shio Kawasan Pasar Gede Dirusak, Lampunya Dicuri

Ny. Is, warga setempat, melaporkan hal itu ke tokoh masyarakat, pemerintah desa (pemdes), hingga aparat polisi. Warga semula berinisiatif menutupi jasad bayi itu dengan karung. Setelah aparat polisi dan petugas Puskesmas Tulung tiba di Bendo, bayi tersebut segera dievakuasi ke Polindes Daleman.

Di saluran irigasi itu, posisi bayi miring ke kiri dalam kondisi menyedihkan. Telinga kanannya sudah dikerubungi oleh semut. Tubuhnya dalam kondisi telanjang dengan plasenta atau ari-ari masih utuh alias belum terpotong. Berat total bayi beserta plasentanya sekitar 4 kilogram dengan panjang sekitar 50 cm.

Kuat dugaan bayi dibuang di saluran irigasi tersebut sekitar pukul 12.00 WIB. Saat dicek, kondisi bayi masih bersih alias belum membiru.

Guyonan Netizen Indonesia: Sama Borax Saja Kebal, Apalagi Virus Corona

"Kami langsung cek ke lokasi kejadian setelah menerima laporan itu. Lalu, bayi dibawa ke sini [Polindes Daleman] sebelum di bawa ke rumah sakit (RS) Tegalyoso. Terkait penyebab kematian dan siapa yang membuang bayi ini masih dalam penyelidikan. Sejauh ini, kami sudah memintai keterangan ke tiga warga," kata Kapolsek Tulung, Iptu Jaka Waluya Waluya, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Wiyono Eko Prasetyo, saat ditemui wartawan di Daleman, Tulung, Sabtu.

Salah seorang petugas Puskesmas Tulung, Dwi Haryati, 58, mengatakan turut mendatangi lokasi pembuangan bayi di Bendo, Daleman, Tulung. "Pembuangnya tega sekali. Bayinya telanjang saat berada di saluran irigasi itu. Bayinya itu bersih dan bagus," katanya.

Jateng Sediakan 10 Rumah Sakit Rujukan Virus Corona

Kepala Desa (Kades) Daleman, Mursito, mengatakan lokasi penemuan bayi laki-laki itu sebenarnya tergolong ramai. Lokasi itu berada di dekat jalan dukuh dan permukiman warga.

"Sebenarnya lokasinya ramai. Tapi mungkin pada enggak terlalu memperhatikan [siapa saja yang melintas]. Di situ ada tempat industri pati onggok juga. Saat ini, kami sudah berkomunikasi dengan para ketua RT di dekat lokasi penemuan apakah ada warga kami yang mengandung atau melahirkan dalam beberapa waktu terakhir. Ini kejadian kali pertama di desa kami," katanya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho