Baru Dilantik 6 Bulan, Dirjen PRL KKP Wafat karena Covid-19
Aryo Hanggono meninggal dunia kaena Covid-19 (detik)

Solopos.com, JAKARTA--Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Aryo Hanggono meninggal dunia. Aryo meninggal pukul 04.50 WIB karena positif virus Corona (Covid-19).

"Beliau wafat di RSPAD hari ini, Senin 28 September pukul 04.50 WIB. Beliau perawatan pasca terindikasi tes positif Covid 9 September," kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri KKP, Agung Tri Prasetyo kepada detikcom, Senin (28/9/2020).

Aryo menjabat sebagai Dirjen PRL KKP terhitung baru 6 bulan setelah dilantik oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada Maret 2020. Aryo sebelumnya menduduki posisi Pelaksana Tugas (Plt) pada jabatan tersebut.

Harus Taat! Seperti Ini Alur Menggelar Hajatan Di Karanganyar

Sekitar dua bulan lalu, Aryo juga sempat ditugaskan menjadi Plt Dirjen Perikanan Tangkap menggantikan Zulficar Mochtar. Posisi itu diemban pada 14 Juli hingga 18 Agustus 2020.

Aryo bisa dibilang orang lama di sektor kelautan dan perikanan. Dia mengawali karier pada tahun 2000-2002 sebagai Kepala Sub Direktorat Usaha Jasa Kelautan, Departemen Kelautan dan Perikanan. Kemudian pada 2002-2003 sebagai Kepala Bidang Teknologi Eksplorasi dan Eksploitasi, Departemen Kelautan dan Perikanan.

Perjalanan Karier

Berdasarkan biodata resmi yang diterima detikcom, diketahui pada 2003-2004 Aryo juga pernah sebagai Kepala Bidang Pengawasan dan Perlindungan, Departemen Kelautan dan Perikanan. Lanjut pada 2004-2005 sebagai Kepala Bidang Pemantauan dan Perlindungan, Departemen Kelautan dan Perikanan.

Selama tiga tahun Aryo juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Teknis, Departemen Kelautan dan Perikanan. Sampai 2018, akhirnya dia diangkat sebagai Kepala Pusat, Pusat Riset Teknologi Kelautan, Departemen Kelautan dan Perikanan.

Kemudian di KKP pada 2010-2012 menjadi Kepala Pusat, Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Kementerian KKP. Lalu lanjut menjadi Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian KKP sampai 2014.

Kampanye Paslon Peserta Pilkada Boyolali Wajib Patuhi Ini

Pada 2014-2015, dia menjadi Kepala Pusat, Pusat Pengkajian dan Perekayasaan Teknologi Kelautan dan Perikanan, Kementerian KKP dan di tahun yang sama dilantik sebagai Dirjen Sumber Daya Ikan Kementerian KKP.

Kemudian, pada Aryo pernah menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Ekologi dan Sumber Daya Laut KKP yang saat itu dilantik oleh menteri sebelumnya Susi Pudjiastuti pada Agustus 2015. Hingga akhirnya menjadi Dirjen PRL.

Kini, Aryo harus mengakhiri masa jabatannya di KKP di usia 55 tahun. Sebelum meninggal dunia, dia sempat mendapat perawatan insentif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto setelah dinyatakan positif Covid-19 pada 9 September 2020.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom