SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek tol Semarang-Demak. (Istimewa/BPJT)

Solopos.com, DEMAK – Tol Semarang Demak Seksi 2 atau yang kerap disebut Tol Atlantis telah dibuka kembali untuk menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru pada Kamis (22/12/2022). Hari perdana pembukaan kembali tol sepanjang 16,31 kilometer (km) itu pun disambut antusias pengguna jalan.

Data yang diterima Solopos.com ada setidaknya 13.500 unit kendaraan yang melintas pada hari pertama dibukanya kembali Tol Semarang-Demak Seksi 2. Direktur Utama (Dirut) PT PP Semarang-Demak, Siswantono, mengaku animo pengendara sangat tinggi pada hari pertama dibuka tersebut.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

“Sudah dibuka tadi pagi, pukul 07.00 WIB. Dibuka dua arah secara fungsional. Animo kendaraannya juga tinggi,” jelas Siswantono kepada Solopos.com, Kamis (22/12/2022) malam.

Berdasarkan catatan PT PP Semarang-Demak, sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB, ada 13.500 kendaraan yang melintas di Tol Atlantis Semarang-Demak. Jika dikalkulasi per jam, maka ada sekitar 1.000 hingga 15.000 unit kendaraan yang melintas setiap jamnya.

Tingginya animo masyarakat menggunakan Tol Semarang-Demak Seksi 2 ini disebabkan berbagai faktor. Selain mampu mempersingkat perjalanan dan terbebas dari kemacetan, tarif menggunakan Tol Semarang-Demak Seksi 2 juga belum diberlakukan alias gratis.

Baca juga: Jalan Tol Semarang-Demak Seksi II Dibuka Fungsional Selama Libur Nataru

“Untuk tarif masih gratis. Sampai kapan? Sampai nanti terbit SK [surat keputusan] dari Pak Menteri [PUPR, Basuki Hadimoeljono],” ujar Siswantono.

Kendati menunggu keputusan Menteri PUPR, Siswantono memperkirakan tarif Tol Semarang-Demak Seksi 2 sudah akan diberlakukan pada bulan Januari nanti. Pihaknya memperkirakan besaran tarif sekitar Rp19.000 untuk kendaraan golongan satu.

“Kurang lebih segitu, dari pintu Demak sampe Sayung. Kalau Semarang-Sayung [Seksi 1] kan belum bisa beroperasi karena belum jadi. Target jadinya kapan? Itu kewenangan BPJT [Badan Pengatur Jalan Tol],” ujarnya.

Baca juga: Diciduk di Bandara Ahmad Yani, Pengusaha Semarang Diperiksa 9 Jam di Kejati

Sekadar informasi, Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 km dan terbagi menjadi dua seksi. Seksi 1 (Semarang-Sayung) memiliki panjang sekitar 10,69 km, sedangkan Seksi 2 (Sayung-Demak] sepanjang 16,31 km.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya