SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati wahana permainan di area Pasar Malam Sekaten di Alun-alun Utara Keraton Solo, Jumat (16/9/2022) malam. (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Pengunjung langsung menyerbu Pasar Malam Sekaten 2022 di Alun-alun Utara dan Kidul Keraton Solo pada hari pertama pembukaan, Jumat (16/9/2022) malam. Gerimis yang sempat mengguyur tidak menyurutkan antusiasme pengunjung menikmati suasana.

Pantauan Solopos.com, pengunjung mulai memenuhi Alut dan Alkid sekitar pukul 19.00 WIB. Kantong-kantong parkir di sekitar Alut dan Alkid langsung terisi kendaraan bermotor baik roda empat ataupun roda dua.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pengunjung datang membawa pasangan, keluarga hingga teman sejawat, menuju wahana permainan yang tersebar di seluruh penjuru alun-alun. Ada juga yang datang ke stan-stan yang menjajakan makanan atau permainan di Alut dan Alkid.

Meskipun sudah resmi dibuka, masih tampak stan Pasar Malam Sekaten Solo yang belum terisi atau pun wahana permainan yang belum terpasang, terutama di Alut. Namun, wahana permainan seperti bombom car, trampolin hingga tong setan sudah siap dan menjadi wahana yang paling ramai dikunjungi.

Sedangkan di Alkid, terdapat panggung hiburan dengan musik menggelegar dan menghibur penonton, Orkes Melayu (OM) Sagita menjadi pembuka di panggung hiburan yang bertempat di Alkid tersebut.

Baca Juga: Panggung Hiburan Sekaten Solo Bertabur Artis, Harga Tiketnya Rp20.000-Rp150.000

Bagi penikmat kuliner, aneka ragam makanan mulai dari Takoyaki, streetfood yang menjual hidangan bahari hingga bakso menjadi pilihan pengunjung. Bukan hanya itu, terdapat juga ajang belanja thrifting di dalam Pagelaran Keraton.

Kuliner hingga Panggung Hiburan

Aulia Rachman, pengunjung Pasar Malam Sekaten di Alut yang ditemui Solopos.com, mengaku sangat antusias dengan acara Pasar Malam Sekaten. Menurutnya Pasar Malam Sekaten bak paket lengkap dari kebutuhan rekreasi warga Kota Solo.

pasar malam sekaten solo
Pengunjung berdatangan ke Alun-alun Utara Keraton Solo untuk menonton Pasar Malam Sekaten 2022 pada hari pertama dibuka, Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Mulai dari wahana permainan, kuliner hingga panggung hiburan tersedia. “Wah ya senang ketika ada Pasar Malam Sekaten, ke sini langsung sama teman-teman serombongan dari habis Isya,” jelas perempuan yang masih kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS) ini.

“Serunya karena semuanya lengkap mulai dari mainan ya ada, mau duduk-duduk bisa, mau kulineran ya lengkap sampai mau thrifting atau nonton konser juga ada,” imbuhnya.

Baca Juga: Diramaikan 800 Stan dan Belasan Artis, Pasar Malam Sekaten Solo Dibuka Hari Ini

Bagi Aulia, segala aneka hiburan ataupun kuliner yang ada sangat terjangkau. Hanya dengan merogoh kocek Rp50.000 ia sudah bisa merasakan beberapa wahana ditambah menikmati segelas es teh segar untuk menuntaskan dahaga.

“Harganya cocok dan enggak mahal, sudah coba tiga wahana tadi kora-kora, bombom car, sama masuk rumah hantu. Lah ya uangnya masih turah buat beli es teh,” ujar perempuan berusia 19 tahun ini.

Pengalaman serupa dirasakan Muhardi, warga Pucangsawit, Solo, yang mengajak keluarganya untuk berwisata dan menikmati malam hari. Ia mengaku sudah menunggu adanya Pasar Malam Sekaten Solo tahun ini dan sangat menikmati hiburan yang disajikan.

Satu Tempat Dapat Semuanya

“Anak-anak saya ajak ke sini senangnya bukan main. Sudah bingung dari awal mau masuk wahana yang mana. Tadi mereka nyoba mainan trampolin terus main mancing-mancing ikan plastik,” ujarnya.

Baca Juga: OM Sagita Buka Panggung Hiburan Pasar Malam Sekaten Solo Malam Ini

Ia sendiri mengaku mencoba permainan mancing botol dengan hadiah handphone namun gagal. Sedangkan istri Muhardi hanya jajan makanan. “Lumayan satu tempat dapet semuanya,” ulasnya.

Muhardi mengaku sempat kesulitan mencari lahan parkir. Tidak mudah baginya yang membawa mobil untuk mencari tempat parkir. Ia harus memutar Alut dan parkir di sekitar Pasar Klewer.

pasar malam sekaten solo
Pengunjung berjalan-jalan di Alun-alun Utara Keraton Solo saat Pasar Malam Sekaten 2022 pada hari pertama dibuka, Jumat (16/9/2022). (Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

“Parkirnya susah, saya tadi muter dulu terus baru dapet parkir sekitar Pasar Klewer. Mungkin kalau naik motor parkirnya bakalan lebih gampang,” jelasnya.

Suasana Pasar Malam Sekaten Solo di Alkid juga tidak kalah menghibur. Hendra Nugraha, salah satu pengunjung yang datang untuk menikmati dangdut yang dibawakan OM Sagita, tidak bisa menyembunyikan antusiasmenya.

Baca Juga: Sekaten Solo: Tiket Masuk Gratis, Wahana Permainan atau Hiburan Rp15.000/Orang

Menurutnya, sudah lama dirinya tidak menikmati lantunan dangdut sembari berjoget di malam hari. “Wah ya nunggu OM Sagita tampil, wis dari jadwal keluar itu sudah siap pokoknya. Cuma sempat bingung manggungnya di Alut atau di Alkid,” ujar pria 36 tahun ini.

Penyelenggara menyiapkan sederet artis lokal maupun nasional untuk mengisi panggung hiburan Pasar Malam Sekaten. Di antaranya ada Farel Prayoga, Denny Caknan, Happy Asmara, Dara The Virgin, Abah Lala, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya