SOLOPOS.COM - RAMAI --

RAMAI -- Pengunjung terlihat memadati areal pameran komputer dan produk elektronik bertajuk Apkom Yes! di Diamond Solo Convention Center, Rabu (30/11/2011). (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

(Solopos.com) – Antusiasme pengunjung pameran komputer akhir tahun garapan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo seakan tak terbendung. Di hari pertama pameran bertajuk Apkom Yes! ini dibuka di Diamond Solo Convention Center, Rabu (30/11/2011), pengunjung langsung mengalir. Rupanya mereka tak ingin melewatkan kesempatan mendapatkan produk dengan harga miring, khas harga cuci gudang.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Antusiasme pengunjung juga didukung produk-produk komputer yang pada kesempatan tersebut memang dibanderol murah. Seorang pengunjung, Santoso, misalnya langsung memborong dua unit tablet. Santosa mengaku tak ingin melewatkan kesempatan membeli tablet dengan harga murah untuk sang anak. Satu unit tablet tersebut dijual Rp 900.000.

Lain Santosa, lain pula Hendra. Karyawan swasta itu mengatakan hanya berniat jalan-jalan di pameran. Kendati demikian tidak menutup kemungkinan bagi dia untuk membeli produk komputer sepanjang kualitas produk dan harganya cocok. “Barang-barangnya cukup variatif dan menarik. Apalagi ada produk-produk baru, terutama tablet yang lagi booming,” ujar dia saat disapa Espos.

Pameran dengan tema Apkom Year End Sales kali ini memang menyedot perhatian masyarakat, khususnya para pecinta komputer. Pengunjung mulai menyemut hanya sejam pascapameran dibuka. Mereka ramai-ramai memadati 80 stan yang ikut serta di pameran. Meski pun tidak membeli, rata-rata pengunjung yang datang penasaran produk komputer terbaru apa saja yang meramaikan pasar. Belum lagi, iming-iming harga murah yang selalu didengungkan setiap kali akhir tahun.

“Karena ini pameran akhir tahun, tentu pedagang akan mengejar untuk menjual sisa barang mereka. Cuci gudang istilahnya, jadi harganya pasti lebih murah dibandingkan sebelumnya,” ungkap Ketua Panitia Apkom Yes!, Yunianto.

Sebagai contoh, Yunianto menerangkan notebook kini bisa dibeli cukup dengan harga Rp 3 juta/unit. Sedangkan netbook, lebih murah lagi, rata-rata dijual Rp 2 juta-Rp 2,5 juta/unit. Lebih mencengangkan lagi, dia melanjutkan, tablet kini bisa dibeli mulai harga Rp 700.000-an/unit. Konsumen pun dihadapkan pada banyak pilihan merek tablet dan banyak pilihan fasilitas, sehingga mereka lebih leluasa memilih.

Di sisi lain, tak hanya bisa melihat produk baru nan menarik dan murah, pengunjung juga berkesempatan mendapatkan hadiah undian lima unit netbook, lima unit tablet dan 10 unit printer. Semua pengunjung yang membeli tiket berkesempatan mendapatkan hadiah undian tersebut.

Kalau pantia penyelenggara menyediakan hadiah undian, pengelola toko komputer peserta pameran Apkom Yes! lebih kreatif lagi dalam menyediakan hadiah. Misalnya, Activa Computer memberikan hadiah satu kaos cantik setiap pembelian satu paket personal computer. “Kaos cantik bisa diperoleh setiap pembelian paket PC. Harganya murah, mulai dari Rp 1,3 juta,” terang pemilik toko tersebut, Nova Milyard.

Tika Sekar Arum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya