Tutup Iklan
Reva Alexa. (Istimewa/Instagram)

Solopos.com, JAKARTA - Momen menarik terjadi di sela kegiatan rilis penangkapan Reva Alexa atas penyalahgunaan narkotika jenis sabu di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (7/2/2019). Isu transgender yang menerpa Reva membuat polisi tertawa saat disinggung mengenai hal tersebut.

"Pertanyaan yang sulit ini," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono seraya tertawa sebagaimana dilansir Okezone, Kamis (7/2/2019).

Mulanya, awak media meminta keterangan tentang status penahanan Reva Alexa. Isu transgender memunculkan pertanyaan Reva nantinya ditempatkan di tahanan laki-laki atau perempuan.

Lantas, apa keputusan polisi terkait penahanan Reva Alexa? Ternyata, penyidik memilih mengikuti keterangan jenis kelamin Reva yang ada di KTP. "Nanti ya ditahan di perempuan, sesuai KTP," kata Argo.

Jenis kelamin Reva Alexa memang tertera sebagai perempuan dalam kartu identitasnya. Dalam KTP, nama asli Reva adalah Anggi Chairunnisa Azhari. Namun dalam kesempatan yang sama, polisi juga membenarkan bahwa Reva Alexa seorang transgender. Reva yang terlahir sebagai pria dengan nama Yogi Saputra mengganti jenis kelaminnya lewat putusan pengadilan.

Isu transgender Reva Alexa menyeruak usai dirinya tertangkap narkoba di kawasan Karawaci, Tangerang pada 6 Februari 2019. Dari hasil penangkapan Reva, polisi turut mengamankan satu tersangka lain bernama Iwan serta narkotika sisa pakai jenis sabu seberat 0,28 gram.

Reva Alexa memang berstatus perempuan di kartu identitasnya. Namun putusan pengadilan yang mengesahkan perubahan jenis kelamin Reva tersebut baru diterbitkan sekitar 5 bulan silam.

Data itu tercantum dalam rilis yang dikeluarkan oleh polisi terkait penangkapan Reva Alexa atas penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Tertulis di sana, Reva terlahir sebagai laki-laki dengan nama asli Yogi Saputra.

"Pada Agustus 2018, berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Singkawang, Kalimantan Barat, (Yogi Saputra) berganti jenis kelamin menjadi perempuan," bunyi keterangan yang menjelaskan status Reva Alexa tersebut, pada Kamis (7/2/2019).

Sejak saat itulah Reva Alexa baru memakai nama Anggie Chairunnisa Azhari seperti yang kini tertera dalam kartu identitasnya. Seperti diketahui, isu transgender mengelilingi Reva Alexa setelah dirinya tertangkap narkoba di kawasan Karawaci, Tangerang, pada 6 Februari 2019.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten