SOLOPOS.COM - Sejumlah calon penumpang mengantre membeli tiket kereta api di loket Stasiun Tawang, Semarang, Jateng, Kamis (16/3/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SEMARANG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) memutuskan pembatalan seluruh perjalanan kereta api. Keputusan itu diambil menyusul adanya larangan mudik di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, baru sekitar 26,9% penumpang di wilayah PT KAI Daops IV Semarang yang telah melakukan pembatalan tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 2020.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, menyebutkan total sudah ada 34.278 tiket kereta api untuk masa Angkutan Lebaran 2020 yang terjual di wilayahnya. Namun, dari jumlah sebanyak itu baru 9.248 tiket atau sekitar 26,9% yang telah dibatalkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Secara keseluruhan sudah ada 34.278 tiket perjalanan KA pada masa Angkutan Lebaran yang terjual. Jadi, masih ada 25.030 tiket yang belum dibatalkan calon penumpang,” ujar Krisbiyantoro, Rabu (29/4/2020).

Di Balkon Gedung Bekas Kantor Semarang, Billy Christian dkk. Merinding...

Pria yang karib disapa Kris itu mengaku pihaknya sudah melakukan berbagai upaya agar calon penumpang segera melakukan pembatalan tiket kereta api di wilayah PT KAI Daops IV Semarang. Terlebih, PT KAI memiliki kebijakan baru dengan mempercepat pengembalian uang pembatalan tiket atau refund, yang sebelumnya 45 hari menjadi 3 hari.

Pembatalan Online

Kris mengatakan ketentuan refund dalam tiga hari itu berlaku untuk pembatalan mulai 30 April-4 Juni 2020, untuk keberangkatan KA masa Angkutan Lebaran mulai 14 Mei-4 Juni 2020. “Penambahan layanan ini diberikan kepada pelanggan agar beralih ke pembatalan secara online. Tujuannya, agar pelanggan menerapkan physical distancing dengan tidak ke stasiun,” ujar Krisbiyantoro, Rabu (29/4/2020).

Begini Disbudpar Semarang Obati Rindu Dugderan

Kris mengatakan untuk refund akan dilayani melalui aplikasi KAI Access. Oleh karenanya, calon penumpang diminta untuk lebih dulu mengunduh aplikasi KAI Access terbaru.

Setelah memiliki aplikasi KAI Access, penumpang harus melakukan registrasi dengan mendaftarkan nama dan nomor identitas sesuai yang tertera pada tiket. Setelah itu, pada menu pembatalan, calon penumpang harus memasukkan nomor rekening sesuai dengan nama yang tertera pada tiket.

“Kami harap pengembalian uang pembatalan tiket ini dapat mempermudah masyarakat yang ingin membatalkan tiket. Juga bisa membantu mereka yang membutuhkan dananya kembali dengan cepat," imbuhnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya