SOLOPOS.COM - Jembatan Kali Apit di Desa Jeron, Nogosari, Boyolali, sudah mulai rusak meskipun baru direhab sekitar dua tahun. Foto diambil Minggu (14/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

Jembatan Kali Apit di Desa Jeron, Nogosari, Boyolali, sudah mulai rusak meskipun baru direhab sekitar dua tahun. Foto diambil Minggu (14/10/2012). (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

NOGOSARI-Baru direhab sekitar dua tahun, Jembatan Kali Apit, Desa Jeron, Kecamatan Nogosari, Kabupaten Boyolali, sudah mulai rusak. Pantauan Espos, Minggu (14/10/2012), sebagian aspal di jembatan sepanjang 5 meter (m) tersebut sudah terkikis atau mengelupas. Bahkan besi cor-coran jembatan itu terlihat menyumbul ke permukaan jalan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah warga di sekitar jembatan itu menyayangkan kondisi jembatan yang sudah mulai rusak tersebut. Sebab proyek perbaikan jembatan terbilang belum lama dilaksanakan, yaitu sekitar tahun 2010.

“Ya banyak warga menyayangkan kondisi jembatan yang sudah mulai rusak tersebut. Perbaikannya tahun 2010 lalu. Kalau kualitas pengerjaannya bagus, semestinya bisa bertahan lebih dari tiga tahun. Tapi baru diperbaiki kok sekarang kondisinya sudah seperti itu. Besinya saja kelihatan,” ujar ketua RT 002/RW 007, Dukuh Kliwonan, Desa Jeron, Ristianto ketika ditemui Espos di sela-sela aktivitasnya, Minggu.

Dijelaskan Ristianto, jembatan itu berada di jalur alternatif dari Nogosari-Ngemplak, Boyolali, menuju Kota Solo. Bahkan warga dari Kaliyoso, Karanganyar dan sekitarnya, juga kerap menggunakan jalur tersebut menuju Kota Bengawan.

“Ramai juga yang lewat sini. Karena itu kan jalur alternatif menuju Ngemplak, Boyolali dan juga Solo,” katanya.

Ristianto berharap Dinas Pekerjaan Umum, Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUESDM) bisa mengecek kondisi Jembatan Kali Apit itu saat ini. Sebab proyek rehab jembatan tersebut tahun 2010 lalu, menurut dia, dilaksanakan oleh DPUESDM melalui pihak rekanan.

“Karena itu jalan kabupaten, jadi proyeknya waktu itu juga dilaksanakan DPUESDM melalui rekanan. Seharusnya dinas terkait juga mengecek kondisi jembatan itu sekarang,” katanya.

Salah seorang warga sekitar yang sempat melintasi Jembatan Kali Apit, Sutrisno, mengakui dirinya sering melewati jalan dan jembatan itu jika ada keperluan di Solo. Sutrisno juga mengaku kondisi terkikisnya aspal sehingga besi cor-coran jembatan yang menyumbul itu sudah terlihat sejak beberapa bulan terakhir.

“Saya tidak ingat mulai kapan aspalnya mengelupas seperti itu. Tapi kira-kira ya sudah beberapa bulan,” kata Sutrisno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya