SOLOPOS.COM - Bupati Pekalongan Asip Kholbihi membuka workshop Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Kabupaten Pekalongan, di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis(23/1/2020). (Antara-Dinkominfo Pekalongan)

Solopos.com, KAJEN — Bupati Pekalongan Asip Kholbihi mengajak seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk meningkatkan inovasi pelayanan publik karena dari 72 OPD di pemkab itu, baru 16 di antaranya yang melakukan inovasi permudah layanan publik.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi saat membuka Workshop Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Kabupaten Pekalongan di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan, Kamis (23/1/2020). “Seluruh OPD harus bisa melakukan inovasi pelayanan publik. Percuma saja kalau tidak bisa, karena kita sudah menaikkan Tambahan Penghasilan Pegawai [TPP] 150%,” kata Asip.

Promosi Keren! BRI Raih Enam Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Menurut Asip era saat ini merupakan era inovasi dan bangsa yang cepat dan inovatif bakal memenangkan pertarungan di era global dan kunci dari semua itu adalah kemauan, bukan hanya kemampuan. “Orang yang mampu berinovasi cukup banyak, namun yang berkemauan sedikit. Oleh karena itu tahun 2020, seluruh OPD harus bisa menjalankan inovasi soal pelayanan publik,” tegas Asip.

Menurut Asip, tidak perlu takut soal hasil inovasinya jelek atau belum maksimal, namun yang penting berusaha lebih dahulu, karena kekurangan ke depannya masih diperbaiki. Apalagi yang utama bagaimana bisa menciptakan inovasi untuk kenyamanan dalam melayani publik atau masyarakat.

Bupati mencontohkan daerah Brebes, tahun 2019 berada di Top 45 Indonesia soal berinovasi. Padahal, keberadaannya lebih dahulu Kabupaten Pekalongan yang kini baru menduduki peringkat ke-20 di Jawa Tengah.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan workshop kompetisi inovasi dengan mendatangkan narasumber yang andal, inovasi di Kabupaten Pekalongan semakin banyak dan bisa melayani masyarakat dengan baik,” tutup Asip Kholbihi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya