SOLOPOS.COM - Tim Federasi Olahraga Barongsai Indonesia Kota Semarang yang mewakili Provinsi Jawa Tengah pada Kejuaraan Nasional FOBI di Yogyakarta. (Solopos.com-Antara/FOBI Kota Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Tim barongsai asal Kota Semarang akan mewakili Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) yang berlangsung di Yogyakarta, 5-9 Oktober 2022.

Tim FOBI Kota Semarang didapuk sebagai wakil Jateng karena sebelumnya tampil sebagai juara umum dalam seleksi atlet tingkat provinsi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Dari 13 nomor yang diperlombakan, kami membawa pulang enam medali emas masing-masing di nomor barongsai tradisional, naga taulo bebas, naga halang rintang, barongsai taulo bebas, pekingsai taulo bebas, dan pekingsai kecepatan,” kata Ketua Umum FOBI Kota semarang, Wahyu Winarto, Selasa (27/9/2022).

Ia menyebut timnya saat ini mulai fokus mempersiapkan nomor-nomor andalan FOBI Kota Semarang dengan intensif berlatih.

Pada kejurnas mendatang, FOBI Kota Semarang menargetkan minimal tiga medali emas. Kendati demikian, target itu tidak akan mudah karena akan menghadapi lawan-lawan tangguh dari Kalimantan Barat dan Sumatra Utara.

Baca juga: Pergelaran Festival Reog di Klaten Diundur, Ini Jadwal Terbarunya

“Target kami di kejurnas, minimal tiga medali emas. Memang tantangannya pasti akan lebih berat, tapi kami optimistis anak-anak mampu melewati sehingga bisa mengharumkan Jawa Tengah pada level nasional,” ujarnya.

FOBI Kota Semarang beranggotakan pemain-pemain barongsai yang cukup potensial sehingga kerap mendapat tawaran membela provinsi lain pada beberapa kejuaraan.

“Memang ada beberapa provinsi yang bahkan menawarkan untuk atlet kita yang berprestasi gabung ke mereka. Tapi, sejauh ini anak-anak masih solid dan berkomitmen bersama FOBI Kota Semarang,” kata pria yang karib disapa Liluk itu.

Baca juga: Atraksi Barongsai Sambut Pelanggan KA di Stasiun Tawang

Menurut pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, prestasi tim barongsai Kota Semarang selama ini cukup menonjol. Bahkan, FOBI Kota Semarang menjadi salah satu lumbung emas dalam kejurnas dan kejuaraan internasional.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya