Tutup Iklan
Ernesto Valverde (Reuters-Juan Medina)

Solopos.com, BARCELONA - Kecintaan Ernesto Valverde menukangi Barcelona rupanya tak bertepuk sebelah tangan. Kubu Barca resmi memperpanjang kontrak pelatih berusia 55 tahun tersebut hingga Juni 2020.

Dengan demikian, pelatih berjuluk Txingurri (Si Semut) masih tetap menangani Lionel Messi dkk. untuk musim depan. Bahkan Barca memasukkan opsi untuk perpanjangan kontrak satu musim lagi hingga 2020/2021. Penandatangan kontrak baru ini tentu membuat Valverde lega.

Eks pelatih Athletic Bilbao tersebut sempat disebut-sebut bakal ditendang dari Camp Nou karena gagal menghentikan dominasi Real Madrid di Eropa pada musim perdananya menukangi tim raksasa Catalan pada 2017/2018. Keputusan Barca memperpanjang kontrak Valverde ini diumumkan hanya selang sekitar dua hari sebelum Gerard Pique cs. menjamu Real Valladolid pada jornada ke-24 Liga Primera di Camp Nou, Barcelona, Minggu (17/2/2019) pukul 02.45 WIB.

Wajar apabila para pemain Barca akan berusaha mempersembahkan hasil terbaik untuk Valverde ketika bertemu Valladolid. Los Blaugrana, julukan Barca, sekaligus membutuhkan tambahan poin penuh untuk memperlebar jarak atas musuh abadi mereka, Madrid, di klasemen sementara Liga Primera.

Madrid kembali ke jalur perebutan gelar Liga Primera musim ini setelah mereka menaklukkan Atletico Madrid pada El Derbi Madrileno sementara Barca hanya bermain imbang 0-0 di kandang Bilbao pada jornada ke-23, akhir pekan lalu. Barca memang masih memimpin klasemen sementara. Tapi Blaugrana cuma terpisahkan jarak enam poin di atas Madrid.

Keunggulan Barca atas Madrid yang terus terpangkas itu sendiri tidak membuat Valverde panik. Sebab musim masih panjang, tepatnya tersisa 15 laga. "Kami masih berada di puncak, hitung-hitunganku tidak pernah mengecewakanku. Ini kompetisi yang panjang dan Anda harus menjalaninya sampai akhir," ujar Valverde, seperti dilansir standard.co.uk, Jumat (15/2).

Barca selalu menang dalam 10 laga duel teranyar versus Valladolid. Namun, dua kemenangan paling gres selalu diraih raksasa Catalan dengan skor tipis masing-masing 1-0. Kiper Valladolid, Jordi Masip, mengakui timnya harus bekerja keras untuk membendung lini depan Barca yang diperkuat Messi, Luis Suarez, dan Ousmane Dembele. Masip sangat mengenal Barcalona karena kiper 30 tahun ini merupakan jebolan klub raksasa Catalan.

"Luis Suarez pencetak gol ulung, sementara Ousmane sangat cepat dan tidak pernah tahu dia akan memakai kaki mana untuk menembak bola. Sedangkan Messi lebih hebat lagi. Kami semua menderita saat pertemuan paruh pertama [Barca menang 1-0] lalu," ujar Masip, seperti dikutip sport.es. 

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten