Barcelona Vs Liverpool: Pembuktian Pemain Terbaik PFA
Virgil van Dijk (Reuters-Carl Recine)

Solopos.com, LONDON — Teka-teki mengenai pemenang PFA Player of the Year musim ini terjawab sudah. Bek asal Belanda, Virgil van Dijk, dinobatkan sebagai pemenang berkat kerja kerasnya membangun lini pertahanan Liverpool menjadi kokoh sepanjang musim ini. Bek 27 tahun itu menyisihkan sejumlah nama seperti Eden Hazard, Sergio Aguero, Raheem Sterling dan rekannya di Liverpool, Sadio Mane.

Kehadiran Van Dijk di jantung pertahanan membuat Liverpool membukukan 19 clean sheet dan hanya kebobolan 20 gol dari 36 pertandingan. Catatan kebobolan tersebut paling sedikit dibandingkan dengan peserta Liga Premier lainnya.

Berkat pertahanan yang kokoh, The Reds hanya menelan satu kekalahan dan kini berduel sengit dengan Manchester City dalam memperebutkan gelar juara Liga Premier Inggris. Liverpool juga berkibar di Liga Champions dan kini bersiap menghadapi Barcelona dalam semifinal leg I di Camp Nou, Rabu (1/5/2019) dini hari WIB.

Dampak kehadiran van Dijk di Anfield cukup instan mengingat Liverpool memboyongnya dari Southampton pada bulan Januari 2018 lalu. Dia menjadi penerus Mohamed Salah yang berhasil meraih gelar pemain terbaik PFA pada musim sebelumnya meski baru semusim bergabung di Liverpool. Saat itu Salah tampil moncer dengan catatan 44 gol dan 16 assist dari 52 penampilan di semua kompetisi.

Meski berhasil mendapatkan gelar individual, van Dijk menegaskan tujuannya adalah mengakhiri puasa gelar Liga Premier yang melanda Liverpool sejak 1990. “Saya ingin fokus meraih sesuatu yang spesial, sesuatu yang klub ini tak pernah raih dalam 29 tahun,” ujar van Dijk seperti dilansir FourFourTwo, Senin.

Selain Liga Premier, bek jangkung itu masih berada di jalur yang tepat untuk membawa The Reds meraih trofi Liga Champions. Kelugasannya di lini belakang bakal diuji pemain sekelas Lionel Messi dan Luis Suarez dalam semifinal leg I Rabu nanti. Chrisna Chanis Cara/JIBI)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom