SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BARCELONA-–Sebelum saling jegal di final Copa del Rey pada Mei mendatang, Barcelona akan memanasi rivalitas dengan Athletic Bilbao di lanjutan La Liga di Nou Camp, Minggu (1/4/2012) dini hari WIB.

Barcelona memasuki duel ini dengan latar belakang tertinggal enam poin dari rival klasik mereka, Real Madrid yang memuncaki klasemen. Fokus pasukan Catalan juga diperkirakan terpecah menyusul hasil imbang tanpa gol saat menghadapi AC Milan di perempat final Liga Champions.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil imbang di Milan otomatis menyisakan pekerjaan lebih berat bagi Barcelona untuk menjalani pertemuan kedua pada Selasa pekan depan. Dengan fakta itu, pelatih Barcelona, Josep “Pep” Guardiola kemungkinan tergoda mengistirahatkan sejumlah pemain kunci mereka di akhir pekan ini.

Duel ini memberi tantangan bagi Guardiola untuk meracik strategi dan mengelola sumber daya pemain yang ada dengan cara sebaik mungkin demi mendapatkan kemenangan namun tidak mengabaikan persiapan matang menghadapi Milan di Nou Camp. Cesc Fabregas dan Pedro Rodriguez yang tidak masuk starting line-up, bahkan Fabregas tidak tampil saat melawan Milan, diprediksi akan dipasang sejak awal dalam pertandingan ini.

Hal sama tampaknya juga berlaku bagi Thiago Alcantara setelah kartu merah yang diterimanya saat melawan Mallorca dibatalkan Federasi Sepakbola Spanyol. Namun Xavi atau Andres Iniesta kemungkinan diisitirahatkan. Atau bahkan bisa jadi keduanya dibangkucadangankan.

Namun dengan absennya Eric Abidal dan Adriano, Guardiola kemungkinan terpaksa kembali menurunkan Carles Puyol. Namun ada kemungkinan lain Guardiola hanya menurunkan tiga bek dan mengistirahatkan Puyol. Tapi itu cukup berisiko dilakukan mengingat  di tengah pekan ini barisan serang Bilbao baru saja menggelontorkan empat gol ke gawang Schalke di leg pertama perempat final Liga Europa.

Bilbao memang tampil impresif di kompetisi Eropa. Mereka mencapai perempat final setelah menyingkirkan tim raksasa Inggris, Manchester United dan kini menjejakkan satu kaki mereka di semifinal setelah menekuk Schalke 4-2 di Jerman.

Namun dengan tiket ke kompetisi Eropa musim depan sudah dalam genggaman melalui kesuksesan mereka mencapai final Copa del Rey, Bilbao sepertinya akan lebih memprioritaskan penampilan mereka di Liga Europa ketimbang di liga. Mengejar tiket ke Liga Champions rasanya mustahil bagi Bilbao yang kini berada di peringkat 11 dengan  tertinggal 19 poin dari peringkat empat, Malaga.

Pelatih Bilbao, Marcelo Bielsa sepertinya juga tak mau memaksakan diri tampil dengan kekuatan penuh, mengingat laga ini hanya berselang 47 jam dari pertandingan terakhir mereka saat melakukan lawatan ke Jerman kontra Schalke.
Jelang duel ini, Bielsa juga membantah rumor mengenai kepindahannya ke Inter Milan di musim panas mendatang. “Saya tidak berpikir cukup berharga untuk mengomentari skenario dengan dasar cekak,” ujar Bielsa dilansir goal.com, Jumat (30/3/2012) WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya