Neto (Instagram)

Solopos.com, BARCELONA — Kiper Valencia, Neto, akhirnya berlabuh ke Barcelona dengan total transfer senilai 35 juta euro (Rp562 miliar). Kepindahan Neto menuju Camp Nou memang tinggal menunggu waktu setelah kiper Barcelona, Jasper Cillessen, hijrah ke Valencia sehari sebelumnya.

Cillesen direkrut Los Che dengan mahar 30 juta euro, atau lima juta euro lebih rendah dibanding nilai transfer Neto. Meski menangguk duit lebih banyak, Valencia sejatinya mengalami kerugian besar dengan perginya Neto.

Kiper asal Brasil itu adalah salah satu faktor utama kesuksesan Valencia menjuarai Copa del Rey serta menembus empat besar klasemen Liga Spanyol musim lalu. Kiper 29 tahun itu punya persentase penyelamatan tertinggi kedua di kompetisi domestik yakni 75,9%, hanya kalah dari kiper Atletico Madrid, Jan Oblak, 79,4%.

Neto juga hampir selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang dengan catatan 67 penampilan dalam tiga musim bersama Valencia. Di sisi lain, Cillessen bisa dibilang menjadi deputi abadi Marc-Andre Ter Stegen meski berstatus kiper Timnas Belanda. Kiper 30 tahun itu hanya bermain 32 kali dalam tiga musim bersama Blaugrana.

Konflik Neto dengan Pelatih Valencia, Marcelino Garcia Toral, menjadi penyebab utama sang kiper didepak. Marcelino bahkan tak segan mencadangkan Neto sepanjang musim apabila menolak hijrah ke Barca. Neto sendiri bakal berada di Camp Nou hingga 2023.

“Barcelona dan Valencia telah mencapai kesepakatan transfer pemain Norberto Murara Neto. Biaya transaksi akan menjadi 26 juta eurp plus tambahan 9 juta euro,” demikian pernyataan resmi Barcelona, dilansir fcbarcelona.com, Kamis (27/6).

Meski berpenampilan cemerlang musim lalu, Neto kemungkinan besar akan berstatus sama seperti Cillessen yakni pelapis Ter Stegen. Neto merupakan kiper jebolan Atletico Paranaense yang kemudian Neto pindah ke Fiorentina musim 2010 hingga 2015.

Dia sempat bermain di Juventus hingga 2017 sebelum berlabuh ke Valencia dua musim terakhir. Neto merupakan pemain ketiga yang direkrut Barca di bursa transfer 2019/2020 setelah Frenkie de Jong (Ajax Amsterdam) dan Emerson (Atletico Mineiro). 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten