SOLOPOS.COM - Jersey tandang Barcelona musim 2016/2017 (Dailymail.co.uk)

Barcelona mendapat sponsor baru yakni Rakuten.

Solopos.com, BARCELONA – Hampir semua publik sepak bola mengakui Barcelona sebagai tim terbaik di galaksi abad ini. Kehadiran pemain sekelas Lionel Messi, Andres Iniesta, hingga Neymar seperti menjadi garansi trofi bagi Blaugrana.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Namun bila bicara soal sponsorship atau penyandang dana tim, Barca rupanya masih kalah dari Manchester United (MU), Chelsea dan Arsenal. Barca hanya menjadi klub keempat dengan pemasukan sponsorship terbesar yakni 33,5 juta euro (Rp480 miliar) per tahun hasil deal dengan perusahaan penerbangan Qatar Airways. Jumlah itu tidak ada separuh dari deal MU dengan Chevrolet yang mencapai 71 juta euro (Rp1 triliun).

Namun belakangan Barca merangsek menjadi klub dengan sponsorship terbesar kedua usai menjalin kesepakatan dengan Rakuten, sebuah perusahaan e-commerce asal Jepang. Rakuten mengguyur Lionel Messi dkk. dengan dana 220 juta euro (Rp3,15 triliun) selama empat tahun atau 55 juta euro (Rp787 miliar) setahun. Kerja sama akan dimulai musim 2017/2018 mendatang.

Jika ditelisik lebih dalam, ada yang unik dibalik deal Barca dengan Rakuten. Kerja sama bernilai ratusan juta euro itu ternyata berawal dari kesukaan bek Barca, Gerard Pique, terhadap permainan video game. Pique yang memiliki bisnis video game sendiri pernah menemui Hiroshi Mikitani, pemilik Rakuten, dalam sebuah kesempatan. Dia kemudian menawari pengusaha Jepang itu untuk turut mengembangkan El Barca.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, dikutip Marca, Kamis (17/11/2016), bahkan memuji Pique yang telah membantu klub bernegosiasi dengan sponsor baru yakni Rakuten. Keterlibatan Pique dalam deal besar itu kemudian dikait-kaitkan dengan wacana sang pemain menjadi Presiden Barca suatu saat nanti.

Pada bagian lain, kepastian masuknya Rakuten sebagai penyandang dana menambah kepercayaan diri Barca untuk memperpanjang kontrak Messi. Beredar isu Messi enggan memperpanjang kontrak di Barca. Sejumlah klub seperti MU dan Manchester City dikabarkan mulai mendekati La Pulga, julukan Messi.

“Kami akan melakukan segalanya untuk memastikan Messi akan mengakhiri karier di Barcelona. Tidak ada alasan untuk khawatir,” ujar Wakil Presiden Barcelona, Manuel Arroyo seperti dilansir Sport, Kamis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya