Barang Berharga Stephen Hawking Dilelang, Harga Fantastis
Stephen Hawking (Rpp.pe)

Solopos.com, SOLO – Beberapa barang pribadi milik mendiang fisikawan Stephen Hawking dilelang. Adapun barang-barang itu meliputi kursi roda, salinan tesis, dan sejumlah karya ilmiah lain yang disusun Stephen Hawking semasa hidup.

Dilansir BBC, Selasa (23/10/2018), salinan tesis karya Stephen Hawking diperkirakan terjual lebih dari 100.000 euro atau sekitar Rp1,7 miliar. Tesis yang disusun pada 1965 dari Cambridge University, Inggris, menjadi salah satu dari 22 item yang ditawarkan Rumah Lelang Christie secara online.

Anak Stephen Hawking, Lucy, mengatakan, pelelangan itu memberi kesempatan bagi orang lain untuk memiliki kenang-kenangan dari ayahnya. Ada pula medali, penghargaan, dan berbagai makalah ilmiah lain milik Stephen Hawking yang ikut dilelang.

Sejauh ini banyak orang yang tertarik menawar karya ilmiah Stephen Hawking meski dibuka dengan harga yang mahal. Salinan tesis Stephen Hawking dilelang mulai harga Rp2,7 miliar. Sementara kursi rodanya yang sangat canggih dilelang mulai Rp418 juta.

Proses lelang online barang-berang Stephen Hawking bakal dilakukan mulai 31 Oktober 2018 hingga 8 November 2018. Hasil penjualan barang-barang tersebut nantinya bakal dipakai untuk membiayai Stephen Hawking Foundation dan Motor Neurone Disease Association.

Diberitakan sebelumnya, Stephen Hawking meninggal dunia pada usia 76 tahun, 14 Maret 2018. Sejak masih muda, dia mengidap penyakit saraf yang mematikan anggota gerak, yang biasa disebut ALS. Dalam kasus seperti itu, hanya otak saja yang dapat menyokong kehidupannya. Jadi, dia hanya bisa duduk di kursi roda sepanjang hidup. Meski demikian, dia tetap produktif menghasilkan berbagai karya ilmiah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom