SOLOPOS.COM - Barack Obama saat berpidato di hadapan para staf kampanyenya di Chicago. (youtube.com)

Barack Obama saat berpidato di hadapan para staf kampanyenya di Chicago. (youtube.com)

CHICAGO – Presiden Barack Obama ternyata bisa sangat emosional sehingga menangis di tengah pidatonya, padahal presiden asal Partai Demokrat ini biasanya selalu terlihat tenang, tegas dan garang di atas podium.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini terjadi saat dia berpidato mengucapkan terima kasih pada tim sukses dan tim pendukung kampanyenya di markas besar kampanyenya di Chicago, sehari setelah pemungutan suara pada Selasa (6/11/2012). Seperti terlihat di video yang diunggah di YouTube oleh akun YouTube situs resmi kampanyenya, BarackObamadotcom, air mata terlihat meleleh di pipi sang presiden yang berpidato di ruang kerja tim kampanyenya, di hadapan segenap staf pendukung. Ketua tim penyusun strategi kampanye, David Axelrod dan manajer kampanye Jim Messina terlihat juga berdiri di depan, beberapa meter di samping kiri presiden.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saya berusaha membayangkan seperti apa saya saat seusia Anda semua, saat saya kali pertama pindah ke Chicago di usai 25 tahun, dan saya hanya punya bayangan samar-samar soal apa yang bisa saya lakukan untuk melakukan perubahan karena saya sama sekali tak tahu harus bagaimana karena saya tak punya sumber daya,” paparnya. “Saat saya berada di sini dan melihat Anda semua, apa yang terpikir adalah Anda sebenarnya tidak sama dengan saya karena Anda semua jauh lebih baik dari saya saat muda dalam banyak hal – kalian lebih pandai, kalian lebih terorganisasi, kalian lebih efektif,” ujarnya.

“Bahkan sebelum hasil [pemungutan suara] kemarin malam, saya merasa apa yang sudah saya perjuangkan dalam kampanye sudah sempurna karena berkat kerja Anda semua apa yang saya lakukan ini terasa begitu penting. Saya sungguh bangga, dan saya sungguh bangga pada Anda semua,” ujar Obama. Saat mengucapkan ini suaranya mulai bergetar dan kemudian Obama pun harus diam sejenak ketika air mata mulai mengalir dari kedua matanya. para staf kampanye pun bertepuk tangan meriah.

“Saya sangat yakin bahwa Anda semua nanti akan melakukan hal luar biasa lain dalam hidup Anda semua. Anda semua akan melakukan hal-hal hebat,” lanjutnya kemudian. “Perjalanan Anda baru dimulai, Anda semua baru mulai dan apa pun kebaikan yang akan kita lakukan selama empat tahun ke depan takkan sebanding dengan apa yang akan Anda semua capai di masa-masa sesudahnya. Inilah sumber harapan saya,” imbuhnya.

Video pidato Barack Obama di depan tim pendukungnya:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya