SOLOPOS.COM - Pohon tumbang akibat angin kencang di Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (14/11/2019). (Antara-BPBD Banyumas)

Solopos.com, PURWOKERTO — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah mengingatkan warga untuk mewaspadai angin kencang selama pancaroba. Banyaknya pohon yang sudah melewati daur produktif namun tidak segera diganti dan diremajakan membuka peluang pohon tumbang akibat angin kencang,

"Warga diimbau agar selalu waspada terutama saat kondisi hujan yang disertai angin kencang," kata Kepala Pelaksana BPBD Banyumas, Ariono Poerwanto di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (15/11/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pihaknya saat ini terus meningkatkan kesiapsiagaan guna menghadapi kemungkinan terjadinya angin kencang menyusul mulai tingginya curah hujan di wilayah setempat. Terlebih lagi, pada Kamis (14/11/2019), pihaknya mendapatkan laporan tumbangnya sejumlah pohon akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

"Pada saat ini, sejumlah kejadian pohon tumbang sudah ditangani oleh tim BPBD Banyumas. Bagi warga yang mengetahui adanya kejadian pohon tumbang di wilayahnya masing-masing bisa melaporkannya kepada kami," katanya.

Akademisi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Endang Hilmi mengingatkan pentingnya antisipasi bencana angin kencang sebagai salah satu upaya mengurangi risiko yang ditimbulkan. Endang Hilmi yang pernah menjabat sebagai kepala Pusat Mitigasi Bencana LPPM Unsoed tersebut mengatakan banyak upaya dapat dilakukan untuk mitigasi bencana angin kencang, misalkan pemeliharaan dan pemangkasan pohon pelindung jalan secara berkala.

"Pemeliharaan dan pemangkasan pohon pelindung jalan, atau jalur hijau jalan perlu dilakukan, utamanya adalah pemotongan dahan secara periodik," katanya.

Selain itu, kata dia, peremajaan tanaman hijau jalan secara rutin. "Sebaiknya pohon-pohon yang sudah melewati daur produktif pohon segera diganti dan diremajakan," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya