Banyak Yang Klasik, 47 Motor Disita Polisi Di Panularan Solo Bernilai Ratusan Juta Rupiah
Polisi menaikkan sepeda motor ke atas truk yang disita di Penularan, Laweyan, Solo, Rabu (24/2/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

 Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 47 unit sepeda motor yang disita jajaran Polresta Solo di rumah kosong wilayah RT 003/RW 008 Panularan, Laweyan, Solo, Rabu (24/2/2021), mayoritas motor lawas dan klasik.

Motor lawas yang disita petugas menjadi primadona bagi pencinta motor lawas dan jika dijual bernilai puluhan juta rupiah. Berdasarkan pantauan Solopos.com di lokasi, sepeda motor yang disita mayoritas Suzuki Satria R, Yamaha FIZ-R, Yamaha RXZ, Yamaha Touch, Yamaha XS.

Selain itu ada Vespa keluaran tahun 1966, Honda seri C keluaran 1970-an, Honda Astrea Grand Bulus. Lalu keluaran terbaru Yamaha N-Max dan Suzuki Smash.

Baca Juga: 47 Sepeda Motor Disita Polisi Dari Rumah Warga Panularan Solo, Kasus Apa Ya?

Pencinta motor klasik Solo yang juga Founder Lawasku, Hapriawan, warga Laweyan, kepada Solopos.com, mengatakan jenis motor dua tak seperti Suzuki Satria R atau dikenal Satria Hiu saat ini tengah kembali naik daun.

Termasuk Yamaha FIZ-R seperti disita polisi di wilayah Panularan, Solo, bagi kalangan pencinta motor klasik cukup sulit ditemukan. “Motor dua tak klasik seperti Yamaha FIZ-R dan Satria Hiu harganya menyesuaikan kondisi, orisinalitas, serta warna. Kalau Yamaha RXZ, terakhir saya jual laku Rp28 juta,”paparnya.

Menurutnya, Yamaha RXZ merupakan motor klasik era 1990-an. Lalu, Suzuki Satria R dan Yamaha FIZ-R populer sekitar tahun 2000-an. Menurutnya, harga Satria-R dan FIZ-R bisa lebih dari Rp10 juta jika kondisinya baik. Sedangkan harga Yamaha XS keluaran 1970-an harganya bisa mencapai Rp50-an juta.

Baca Juga: Sampul Muka Solopos Edisi Hari Batik Diganjar Silver Award IPMA 2021 

“Kalau Vespa 1966 harganya bisa Rp15-an juta. Yamaha Touch ini terbilang langka juga, harganya di atas Rp20 juta,” imbuhnya.

Primadona

Sementara itu, Hans Binhadi, Koordinator Komunitas Lawas Tapi Waras, menyebut motor klasik hingga saat ini masih menjadi primadona bagi sebagian orang.

Meskipun motor tua, harga motor klasik seperti sebagian motor yang disita polisi di Panularan, Solo, tak kalah dengan harga motor baru. Menurutnya, tahun dan warna sangat berpengaruh dalam harga motor klasik.

“Saya ambil harga rendah dalam kondisi biasa, Yamaha FIZ-R dan Satria R sekitar Rp5 juta. Lalu, Yamaha XS bisa Rp25 juta. Kalau Honda Astrea Grand sekitar Rp3 juta,” paparnya.

Baca Juga: Pelantikan Bupati-Wabup Klaten Enggak Pakai Acara Makan-Makan

Sebagaimana diberitakan, sebanyak 47 sepeda motor disita polisi dari rumah kosong di Panularan, Laweyan, Solo, Rabu. Belum diketahui apakah motor-motor itu merupakan hasil tindak kejahatan.

Penyitaan motor itu bermula dari pemeriksaan terhadap seseorang berinisial G termasuk dugaan kasus kejahatan yang berbeda. Saat pemeriksaan dan penggeledahan, G membawa banyak dokumen dan surat-surat kendaraan.

Lantaran curiga, polisi kemudian menanyakan di mana kendaraan dimaksud berada. Akhirnya polisi membawa puluhan sepeda motor di Panularan itu ke Mapolres Solo.



Berita Terkini Lainnya








Kolom