SOLOPOS.COM - Patung Perjuangan Sukoharjo yang diyakini sebagai lokasi titik nol kilometer Sukoharjo, Sabtu (4/6/2022). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO — Penanda pusat kota atau wilayah dan tanda dimulainya pengukuran jarak ke daerah lain kerap disebut titik nol kilometer. Biasanya, penanda titik nol kilometer berupa bangunan, patok, tugu dan sebagainya. Lantas di mana lokasi titik nol kilometer di Sukoharjo?

Sebagian masyarakat asli Sukoharjo meyakini lokasi titik nol kilometer tak jauh dari Tugu Adipura yang berdiri kokoh di tengah simpang lima atau Proliman Sukoharjo. Mereka menganggap lokasi itu digunakan sebagai titik awal penghitungan jarak dari Kota Sukoharjo ke daerah lain. Misalnya, jarak antara Kabupaten Sukoharjo dengan Kota Solo atau daerah lainnya.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun, lokasi titik nol kilometer Sukoharjo ternyata bukan di Tugu Adipura di simpang Proliman Sukoharjo. Melainkan di Patung Perjuangan Sukoharjo.

Lokasi Patung Perjuangan memang hanya sekitar 50 meter dari simpang Proliman Sukoharjo. Patung itu lokasi persisnya di pinggir Jl. Veteran, tepatnya di sebelah timur bekas Gedung DPRD Sukoharjo dan seberang Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GPPPD) Graha Wijaya atau eks Gedung Lowo.

Baca Juga: Banyak yang Enggak Tahu, Ternyata di Sini Titik Nol Kilometer Sragen

Patung Perjuangan Sukoharjo merupakan salah satu ikon Kabupaten Jamu ini. Patung perjuangan yang terdiri dari tiga pejuang yang tengah mengangkat senjata diyakini sebagai lokasi titik nol kilometer.

“Kegiatan atau event apa pun di Sukoharjo pasti dipusatkan di sekitar Patung Perjuangan. Ini menjadi kebiasaan masyarakat saat menggelar kegiatan dipusatkan di titik nol kilometer. Lokasi Patung Perjuangan memang hanya beberapa meter dari Tugu Adipura Proliman Sukoharjo,” kata seorang pegiat sejarah di Sukoharjo, Bimo Wijanarko, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (4/6/2022).

Banyak masyarakat asli Sukoharjo yang tak mengetahui lokasi titik nol kilometer Sukoharjo. Padahal, mereka kerap melewati Tugu Perjuangan saat beraktivitas di luar rumah. Bahkan, hampir setiap hari jika beraktivitas di sepanjang Jl. Veteran atau Alun-alun Satya Negara.

Baca Juga: Ini Istimewanya Titik Nol Kilometer Sragen

Saat malam hari, lokasi Tugu Perjuangan menjadi salah satu tempat favorit untuk nongkrong bagi anak-anak muda. “Pada zaman dahulu, masih ada papan petunjuk jarak dari Sukoharjo-Solo tepatnya di depan Gedung Lowo yang kini telah dirobohkan. Saya masih ingat betul, papan petunjuk itu bertuliskan Solo 14 kilometer,” kata dia.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpusda) Sukoharjo, Sumarno, menyatakan belum ada data resmi dari Pemkab Sukoharjo terkait lokasi titik nol kilometer. Namun, Sumarno juga meyakini lokasi titik nol kilometer tak jauh dari Tugu Perjuangan Sukoharjo.

Di lokasi itu menjadi episentrum pusat kota yang menjadi penanda menentukan jarak antara Kota Sukoharjo dengan daerah lain. Hitungan awal penentuan jarak kedua daerah dari lokasi titik nol kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya