Banyak yang Jadi Ojol di Jakarta, Pemudik Sepeda Motor Tahun Ini Naik 10%

Pengamat transportasi dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, memprediksi jumlah pemudik dengan menggunakan sepeda motor pada Lebaran kali ini akan mengalami peningkatan mencapai 10,7%.

Banyak yang Jadi Ojol di Jakarta, Pemudik Sepeda Motor Tahun Ini Naik 10%

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik sepeda motor. (Solopos-Rudi Hartono)

Solopos.com, SEMARANG — Pengamat transportasi dari Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno, memprediksi jumlah pemudik dengan menggunakan sepeda motor pada Lebaran kali ini akan mengalami peningkatan mencapai 10,7%.

Jika pada tahun 2018 lalu, jumlah pemudik dengan menggunakan sepeda motor hanya berkisar 6,1 juta unit, maka tahun 2019 ini diprediksi naik sekitar 6,8 juta unit.

Berdasarkan survey Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) aka nada 942.621 orang yang akan menggunakan sepeda motor untuk mudik.

“Meningkatnya jumlah pemudik sepeda motor tahun ini diperkirakan karena banyak orang luar Jakarta yang merantau ke Jakarta untuk menjadi pengemudi ojek dalam beberapa waktu terakhir,” ujar Djoko kepada Solopos.com, Minggu (26/5/2019).

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia itu pun menyarankan agar pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk mengikuti program mudik motor gratis. Para pemudik bisa menumpang bus, kereta api, maupun kapal laut yang disediakan pemerintah, dan sepeda motornya diangkut dengan menggunakan truk ke tempat tujuan.

“Waktu mudik gratis tahun 2018, masih banyak ruang kapal yang kosong dan tidak terpaiak. Program mudik motor gratis ini perlu lebih disosialisasikan terutama yang menggunakan kapal laut,” imbuhnya.

Menurut Djoko semakin banyak pemudik sepeda motor mengikuti program mudik gratis, semakin banyak pula kecelakaan yang dapat dicegah.

Berdasarkan data Korlantas Polri, kecelakaan semasa mudik masih didominasi sepeda motor. Tahun 2017 tercatat 2.731 kecelakaan sepeda motor.

Jumlah ini menurun pada 2018 menjadi 1.666 kecelakaan seiring dengan bertambahnya kuota mudik gratis.

“Minat mudik gratis menggunakan kapal laut lebih rendah ketimbang mudik gratis sepeda motor dengan KA dan truk. Perlu diimbau kepada pemudik motor yang ke Jateng dan Jatim untuk memanfaatkan kapal laut. Tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, melanjutkan perjalanan bisa lebih pendek dan waktu istirahat lebih lama,” imbuhnya.

Tahun ini, pemerintah menyediakan kuota mudik gratis sepeda motor mencapai 4.000 unit dan 8.000 penumpang. Kapasitas per kapal 2.000 orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.