SOLOPOS.COM - Pemain egrang dari Komunitas Kyai Iroboyo berfoto bersama pengunjung car free day (CFD) Solo, Minggu (15/5/2022) (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Akun Instagram Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Solo, @disdag.surakarta, mendapatkan banyak pertanyaan ihwal pendaftaran untuk pedagang kaki lima atau PKL yang ingin berjualan di ajang CFD (Car Free Day) Jl Slamet Riyadi Solo.

Pertanyaan-pertanyaan itu membanjiri kolom komentar unggahan mengenai pengaturan PKL CFD di akun @disdag.surakarta, Jumat (13/5/2022) lalu. Banyak keluhan di kolom komentar dari para pedagang yang mengaku sudah terdaftar namun belum mendapat pemberitahuan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sedangkan pedagang baru yang ingin bergabung di CFD, tak sedikit yang menanyakan cara mendaftar. “Mohon infonya pak @disdag.surakarta kapan dibuka kembali pendaftarannya ?” tulis pengguna akun @anisapuspita24, Kamis (19/5/2022).

“Gimana nasip pedagang lama Pak? Dulu sudah jualan selama 4 tahun tapi sekarang harus cari tempat lagi,” tulis pengguna akun @sriharyantisolo, Rabu (18/5/2022).

“Adakah informasi lg utk minggu besok [22/5/2022],” tulis pengguna akun @dyancandraaa, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Cerita Pedagang Sambut CFD Solo Perdana: Buka Lapak Sejak Subuh

Sementara itu, dimintai tanggapannya mengenai banyaknya pertanyaan mengenai pendaftaraan PKL CFD, Kepala Bidang Sarana Distribusi Perdagangan Disdag Kota Solo Joko Sartono mengatakan sejauh ini Disdag belum ada rencana membuka pendaftaran untuk PKL baru.

“Sejauh ini tidak ada pendaftaran untuk CFD,” ujarnya singkat saat dihubungi Solopos.com, Kamis (19/5/2022). Mengenai kebijakan CFD Minggu berikutnya, menurut Joko, tidak ada perubahan.

Sebagai informasi, CFD yang digelar untuk kali pertama sejak pandemi Covid-19 pada Minggu (15/5/2022) lalu menerapkan peraturan baru untuk PKL yakni menggunakan zonasi. Jl Slamet Riyadi yang menjadi lokasi CFD Solo steril dari para pedagang.

Baca Juga: Dibuka Lagi, CFD Solo Diperpanjang hingga Depan Balai Kota Solo

Diperpanjang Sampai Balai Kota

“Untuk kebijakan masih sama, tidak berubah seperti yang dilakukan kemarin,” lanjut Joko. Diberitakan sebelumnya, setelah vakum dua tahun karena pandemi Covid-19, CFD Kota Solo kembali digelar dengan lokasi yang diperpanjang hingga depan Balai Kota Solo.

Jika biasanya hanya sampai Bundaran Gladag, kini CFD Solo diperpanjang hingga di depan Balai Kota Solo jalur sisi timur. Hal tersebut disampaikan Dinas Perhubungan Kota Solo dalam akun Instagram resminya @dishubsurakarta.

“SOLO CFD dibuka lagi, Minggu 15 Mei 2022. Pukul 05.00 s/d 09.00 WIB. [Lokasinya dari] Jl Slamet Riyadi mulai Simpang APILL Purwosari s/d Bundaran Gladag dan Jl Jenderal Sudirman mulai Bundaran Gladag s/d Bundaran Balai Kota jalur sisi timur,” bunyi pengumuman dari Dishub Solo tersebut.

Baca Juga: Atraksi di CFD Solo, Mulai Lagu Didi Kempot sampai Piala Thomas

Dalam pelaksanaan CFD Solo sepanjang Jl Slamet Riyadi bersih dari aktivitas PKL. “Akan ada penataan. Penataannya zonasi. Misalkan, pedagang makanan tidak boleh di citywalk. Makanan di [halaman] Loji Gandrung, Bank Jateng, Sriwedari,” kata Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, Selasa (10/5/2022)..

Dia mengatakan CFD Jl Slamet Riyadi yang dibuka lagi khusus untuk kegiatan olahraga. “Makanan masuk di ruang-ruang fasilitas pemerintah atau swasta. Kami akan mengomunikasikan. Supaya diberikan kesempatan mulai pukul 05.00 WIB sampai 09.00 WIB,” jelasnya.

Satlantas Polresta Solo juga telah menerbitkan aturan tentang lokasi parkir CFD Solo. Kendaraan bermotor bisa parkir di Benteng Vastenburg dan jalan menuju Jl Slamet Riyadi, kecuali Simpang 4 Nonongan, Simpang 4 Ngapeman, dan Simpang 4 Gendengan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya