Banyak Peminat, Stok Beras Bulog di Pasar Solo Malah Kosong

Banyak Peminat, Stok Beras Bulog di Pasar Solo Malah Kosong

SOLOPOS.COM - Petugas Bulog memeriksa stok beras medium di gudang beras Perum Bulog Lhokseumawe, Aceh, Rabu (17/5/2017) lalu. (JIBI/Solopos/Antara/Rahmad)

Stok beras Bulog di pasar tradisional wilayah Solo kosong padahal permintaan banyak.

Solopos.com, SOLO -- Stok beras medium seharga Rp9.350 per kilogram dari Badan Urusan Logistik (Bulog) di sejumlah pedagang pasar tradisional Solo kosong. Sejak sepekan lalu pedagang juga tidak menerima suplai beras dari Bulog.

Salah satu pedagang Pasar Legi Solo yang menjadi mitra Bulog, Ali Wiyono, mengatakan pada Sabtu (17/2/2018) sudah tidak ada stok beras medium keluaran Bulog. "Terakhir itu tanggal 9 [Februari]. Saat ini sudah tidak ada lagi pasokan," kata dia saat ditemui wartawan di Pasar Legi, Sabtu.

Ali mengatakan peminat beras Bulog di lapaknya cukup tinggi. Harga beras itu terjangkau dan kualitasnya cukup baik. Sejauh ini dirinya sudah menjual sekitar 1.424 kilogram beras dari Bulog.

"Sehari rata-rata saya menjual 5-6 sak isi 15 kilogram," terang dia.

Pedagang lain yang juga menjual beras dari Bulog, Sri, mengatakan sudah sepekan lebih pasokan beras dari Bulog tidak datang. "Padahal banyak yang menanyakan. Peminatnya cukup banyak," tutur dia.

Dia mengatakan sejak Januari lalu dia sudah menjual sekitar 75 sak beras medium dari Bulog. Sementara itu, Kepala Bulog Subdivre Surakarta, Titov Agus Sabelia, mengatakan pendistribusian beras medium akan terus dilakukan selama masih ada permintaan. Namun terkait kosongnya stok di sejumlah pedagang dirinya tidak menjelaskan lebih terperinci.

Dia mengatakan dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan timnya di lapangan. "Senin besok [19/2/2018] saya koordinasikan dengan tim lapangan," kata dia, Sabtu.

Sebelumnya disebutkan pada pertengahan bulan lalu Bulog telah menyalurkan beras medium harga terjangkau sekitar 43 ton di wilayah Solo. Pendistribusian dilakukan dengan menjalin kerja sama dengan pedagang pasar di antaranya Pasar Rejosari, Pasar Nusukan, Pasar Legi, Pasar Gede dan Pasar Harjodaksino.

Di Pasar Nusukan, Rejosari dan Harjodaksino masing-masing terdapat 1 pedagang. Sedangkan di Pasar Gede dan Pasar Legi masing-masing terdapat 4 dan 7 pedagang.

Di sisi lain, harga beras non-Bulog saat ini masih stabil tinggi. Ali mengatakan di lapaknya harga terendah untuk beras adalah Rp10.500 per kilogram.

Berita Terkait

Berita Terkini

Resmi! KPK Nonaktifkan Novel Baswedan dan 74 Pegawai

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan, bersama 74 pegawai KPK lainnya dinyatakan tidak lolos TWK dan dinonaktifkan KPK.

Ganjar Perkirakan Kasus Covid-19 di Jateng Bakal Naik Seusai Lebaran

Seluruh kepala daerah tidak boleh lengah, meski pun kasus Covid-19 di Jateng tengah mengalami tren menurun.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Pemudik Ini Tiba-Tiba Kesurupan saat Dihentikan Petugas di Pos Penyekatan

Dalam video itu terlihat seseorang yang memakai ikat batik berteriak sambil melakukan gerakan tak biasa.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Plosorejo Karanganyar Sempat Masuk Zona Merah Covid-19, Ternyata Klaster Ini Penyebabnya

Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, sempat masuk zona merah risiko Covid-19 karena ada satu klaster dengan 18 kasus positif.

Ini Kriteria Botol Air Minum Kemasan yang Aman dan Sehat

Sebagai pembeli kita harus jeli memperhatikan kualitas botol air minum kemasan.

Zona Merah dan Oranye Dilarang Gelar Salat Id Berjemaah, Ini 12 Daerah Zona Merah di Indonesia

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan setiap kegiatan ibadah seperti salat tarawih, salat id, zakat, khutbah, dan iktikaf dilarang digelar di zona merah dan zona oranye.

Seorang TKW asal Bantul Meninggal di Taiwan, Disnakertrans Upayakan Pemulangan Jenazah

Disnakertrans Bantul berupaya memulangkan jenazah TKW yang meninggal di Taiwan.

2 Anak Terpapar Covid-19, Kasus Klaster Tarawih di Sambirejo Sragen Bertambah Menjadi 23 Orang

Dua orang anak di lingkungan klaster tarawih Desa Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen, diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.