SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menanam pohon Trembesi dalam kegiatan Ijo Royo-Royo di Plaza Alun-Alun Karanganyar, Rabu (15/12/2021). (Solopos-Syifa Tri Hastuti)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pengetahuan pemerintah desa (pemdes) atas peraturan tentang pemanfaatan tanah desa dinilai masih kurang. Sehingga banyak tanah desa yang pemanfaatannya tidak sesuai dengan peraturan tersebut.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan sosialisasi kepada kepala-kepala desa. Hal ini akan diawali kepada camat-camat di semua wilayah. “Rencananya pekan depan akan kami kumpulkan semua camat untuk diberi sosialisasi tentang peraturan-peraturan yang berkaitan dengan pemanfaatan tanah desa. Selanjutnya para camat ini menyampaikan kepada pemerintah desa di wilayahnya masing-masing,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar Sundoro Budi Karyanto, Kamis (20/1/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah sosialisasi akan dibuat surat edaran tentang aturan-aturan pemanfaatan tanah sebagai panduan pemerintah desa dalam menerapkan kebijakan.

Baca Juga: Perdes di Karanganyar Bakal Tak Bisa Seenaknya Sewakan Tanah Bengkok

Sebelumnya, Pemkab Karanganyar akan membuat panduan dalam pemanfaatan tanah desa. Sementara itu, untuk menghindari persoalan tanah desa, pemerintah desa (pemdes) harus memastikan perizinan pemanfaatan lahan.

Bupati Karanganyar mengatakan, belakangan ini muncul persoalan terkait pemanfaatan lahan desa. Oleh sebab itu, ia menilai perlu dibuat sebuah panduan.

“Belakangan ini mulai banyak masalah tanah desa. Makanya perlu panduan supaya mekanismenya jelas,” ujarnya di sela-sela acara penyerahan simbolis Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) PBB P2 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Rabu (19/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya