SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah (Jateng) meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng berhati-hati dan cermat dalam melakukan rekapitulasi perolehan suara di masing-masing kecamatan.

Hal itu perlu dilakukan menyusul banyaknya kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang tidak profesional. Bawaslu Jateng menilai masih banyak KPPS yang tak menulis angka perolehan suara di formulir C-1 . Ada juga C-1 planonya hanya menggunakan kertas biasa karena kertas C-1 planonya kurang. Ada juga C-1 yang banyak coret-coretan. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Formulir model C-1 adalah formulir yang berisi perolehan suara peserta pemilu. Data inilah yang akan menjadi pegangan untuk melihat perolehan suara pemilu 2019.  

“Berdasar pencermatan Panwascam masih ada beberapa KPPS yang tidak sempurna dalam mengisi formulir C-1 sehingga diperkirakan ada perbaikan data di tingkat kecamatan,” kata Ketua Bawaslu Jateng, Fajar S.A.K.A, Jumat (19/4/2019).

Fajar menambahkan saat ini jajaran KPU di tingkat kecamatan sudah mulai melakukan rekapitulasi perolehan suara di masing-masing kecamatan. Rekapitulasi ini bagian dari lanjutan pemungutan suara pada Rabu (17/4/2019).

Setelah dari TPS, maka berkas-berkas logistik Pemilu 2019 sudah diserahkan ke tingkat kecamatan.  Bawaslu Jawa Tengah mengimbau agar KPU mengutamakan kecermatan dalam rekapitulasi. “Harus hati-hati betul. Tidak hanya mengejar agar cepat selesai. Tapi bisa cermat dan pelan-pelan saja,” kata Fajar.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng, Anik Sholihatun, menambahkan dalam proses rekapitulasi suara, jajaran KPU tak perlu tergesa gesa. Harus cermat karena yang direkapitulasi bagian dari hasil pemilu. Dalam Pemilu, satu suara tak boleh diabaikan. 

Bawaslu Jateng mendorong seluruh koreksi perbaikan dan keberatan diselesaikan dan dituntaskan secara terbuka di rapat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan. “Jangan dibiarkan berlarut hingga jenjang ke atasnya,” kata Anik.  

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya