Banyak Kecelakaan Libatkan Pelajar, Satlantas Grobogan Soroti Peran Orang Tua

Banyak Kecelakaan Libatkan Pelajar, Satlantas Grobogan Soroti Peran Orang Tua

SOLOPOS.COM - Contoh pelajar pengendara sepeda motor di Grobogan, Jateng. (Instagram-@satlantasgrobogan)

Kecelakaan lalu lintas di Grobogan banyak melibatkan pelajar yang masih di bawah umur.

Solopos.com, PURWODADI – Aparat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Grobogan mengungkapkan banyak kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng) yang melibatkan pelajar pengendara sepeda motor yang mestinya belum berhak memiliki SIM. Hal itu memicu polisi menyoroti peran orang tua dalam memberikan arahan kepada anak-anak.

Melalui akun resmi Instagramnya, @satlantasgrobogan, Selasa (6/2/2018), aparat mengungkap ada 30 kasus kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Grobogan yang melibatkan anak di bawah umur. "Di tahun 2017 kemarin tercatat 30 kasus laka yang tersangkanya anak-anak di bawah umur dan 10 kasusnya mengakibatkan korbannya meninggal dunia," ungkap pengelola akun Instagram milik Satlantas Polres Grobogan itu.

Dengan data itu, polisi menyayangkan peran orang tua yang dianggap tak sepenuhnya memikirkan keselamatan anak-anak. "Mimin miris parents jaman now [orang tua zaman sekarang] ketika parents lebih mementingkan hartanya daripada keselamatan anaknya. Padahal dulu mimin ke sekolah kalau enggak diantar ortu ya naik sepeda atau angkot, bahkan jalan kaki," lanjut pihak Satlantas Polres Grobogan di Instagram.

Dalam keluhannya terhadap peran orang tua itu, aparat Satlantas Polres Grobogan juga mengunggah beberapa foto para pelajar berseragam sedang mengendarai sepeda motor. Ada juga beberapa foto yang menunjukkan para pelajar sedang diberkan surat bukti pelanggaran (tilang) oleh polisi.

Demi mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar, aparat Satlantas Polres Grobogan mengajak para orang tua untuk lebih bertanggung jawab terhadap keselematan anak-anak. "Ayo ini tanggung jawab bersama bukan hanya pak polisi saja, orang tua meemgang peranan penting. Jangan sampai menyesal ya karena menyesal tidak akan mengembalikan," tandas pengelola akun Instagram milik Satlantas Polres Grobogan. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.