SOLOPOS.COM - Pesawat parkir di Bandara Adi Soemarmo Solo. (Dok Solopos.com).

Solopos.com, SOLO – Jumlah penumpang melalui Bandara Adi Soemarmo sepanjang 2022 mengalami kenaikan sekitar 104 persen.

Trafik penumpang tercatat kurang lebih sekitar 870.000 orang pada 2022, sementara pada 2021 hanya sekitar 400.000 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I, Gerrie Razzaq mengatakan jumlah penumpang yang berangkat melalui Bandara Adi Soemarmo mengalami kenaikan sepanjang 2022.

“Kenaikan jumlah penumpang sepanjang 2022 sekitar 104 persen. Jumlah penumpang pada 2022 sekitar 870.000 orang,” kata dia, saat diwawancari Solopos.com, Rabu (8/2/2023).

Menurut Gerrie, kenaikan jumlah penumpang dipengaruhi sederet event atau kegiatan yang digelar di Kota Solo sepanjang 2022.

Event berskala nasional maupun internasional digelar secara berurutan pada enam bulan terakhir pada tahun lalu. Event internasional seperti Asean Para Games (APG) pada pertengahan 2022.

Kemudian, sederet event maupun konser musik yang digelar di Kota Bengawan pada November, termasuk Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah. Puncaknya, saat acara ngunduh mantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada awal Desember.

Ribuan tamu undangan berdatangan ke Solo untuk menghadiri acara tersebut.

“Momen musim Lebaran dan liburan akhir tahun juga memengaruhi trafik penumpang di bandara. Utamanya musim Lebaran, banyak perantau yang mudik ke kampung halaman,” ujar dia.

Lebih jauh, Gerrie optimistis trafik penumpang pada 2023 bakal meningkat dan berpotensi melampaui 2022. Namun, ia belum dapat memperkirakan jumlah penumpang yang melalui Bandara Adi Soemarmo.

Disinggung soal rencana pemerintah ihwal pemangkasan jumlah bandara berstatus internasional dari 32 bandara menjadi 15 bandara, Gerrie enggan berkomentar banyak. Hal itu merupakan wewenang pemerintah pusat.

“Mohon maaf, kami belum bisa berkomentar terkait hal iti [rencana pemangkasan bandara internasional],” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya