SOLOPOS.COM - Sosis, makanan instan dari daging olahan yang digemari saat WFH. (Bisnis-Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Kembalinya Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB dan beraktivitas #DiRumahAja bukan halangan bagi masyarakat menikmati makanan berkualitas tinggi layaknya di restoran. Frozen food atau makanan beku yang penuh keunggulan adalah salah satu jalan keluar menghidangkan menu bervariasi secara cepat.

Berkaca dari masa PSBB sebelumnya, tren frozen food meningkat pesat sebagai salah satu pilihan makanan masyarakat selama berada di rumah saja. Hal ini pun mendorong munculnya berbagai jenis frozen food yang kualitas, dengan beragam rasa dan jenis hidangannya tidak kalah dengan menu restoran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tapi sebenarnya, apa saja sih keunggulan frozen food jika dibandingkan dengan jenis masakan lainnya? Berikut ini lima alasan frozen food menjadi pilihan bagi masyarakat di tengah masa PSBB, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Selasa (15/9/2020).

Dari Yopie Latul hingga Iis Sugianto, 6 Pesohor Indonesia Ini Idap Covid-19

1. Praktis Disajikan

Untuk bahan kuliner sehari-hari atau keadaan darurat, frozen food bisa jadi pilihan yang tepat karena lebih praktis untuk diolah. Anda bisa mengolah makanan beku siap saji dengan cara menggoreng, mengukus, atau sekedar merendamnya dengan air hangat.

Proses pengolahannya pun cenderung lebih singkat daripada memasak makanan dari bahan mentah.

2. Tetap Bernutrisi

Meski mudah diolah, frozen food tidak selalu bernutrisi rendah. Beberapa produk makanan siap saji seperti sayuran dan buah beku bahkan memiliki nutrisi lebih tinggi daripada makanan biasa.

Ulang Tahun, RM BTS Sumbangkan Rp1,2 M untuk Museum Seni Nasional

Dilansir dari laman website The Academy of Nutrition and Dietetics Amerika Serikat, organisasi profesional nutrisi dan makanan ini menyebutkan bahwa frozen food dapat menyimpan vitamin dan mineral dan tidak mengubah kandungan karbohidrat, protein, dan lemak di dalamnya.

Pasalnya, frozen food buah dan sayuran langsung dibekukan setelah dipetik. Dengan demikian kandungan nutrisinya cenderung masih utuh dibanding buah segar yang dapat dengan cepat berkurang nutrisinya jika hanya disimpan.

3. Lebih Tahan Lama

Salah satu keunggulan utama frozen food tentunya adalah kemampuannya bertahan lebih lama dibandingkan jenis makanan lainnya. Hal ini memungkinkan kita untuk menyimpan stok makanan hingga beberapa bulan ke depan.

Meskipun dapat bertahan lama, frozen food tetap dapat mempertahankan nilai nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kini, sudah banyak produk frozen food yang bebas bahan pengawet kimia.

Pasien Covid-19 Bisa Kena Happy Hypoxia, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Founder bisnis kuliner dan catering Umara Group, Adhia Absar, mengatakan bahwa frozen food sekarang sudah semakin dilirik oleh konsumen sebagai salah satu pilihan makanan yang populer. Apalagi konsumen juga sudah mulai memahami bahwa frozen food itu tidak melulu soal penggunaan bahan pengawet.

"Di Umara Group sendiri, kami telah mengembangkan produk frozen food yang bebas bahan pengawet dengan kualitas nutrisinya yang masih terjaga, dan kami melihat sambutan yang sangat positif dari konsumen terhadap hal ini," ujarnya.

4. Lebih Bervariasi

Pilihan menu masakan frozen food kini sudah semakin beragam. Bukan cuma goreng-gorengan, sekarang sudah mulai bermunculan produk frozen food yang menawarkan berbagai macam pilihan masakan mulai dari masakan khas rumahan Indonesia sampai makanan barat.

Pekerja Bangunan Temukan Kuburan Hewan Purba di Bandara Baru Meksiko

Jenis frozen food ini biasanya terdiri atas berbagai komponen dalam suatu hidangan yang dibekukan seperti lauk, sayur, dan kuah, dalam satu kemasan secara bersamaan. Misalnya Laukita, produk frozen food besutan aktor Dimas Beck yang menghadirkan berbagai masakan khas Indonesia seperti Oseng Mercon dan Ayam Kecombrang.

Selain lebih praktis, jenis frozen food ini juga memungkinkan Anda mencoba berbagai variasi hidangan lezat tanpa harus mahir memasak.

5. Lebih Higienis

Dalam proses pembuatan dan penyimpanannya di ruang kedap udara, makanan frozen food menghentikan proses pembentukan bakteri dan menjaga kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut.

Selain itu, frozen food pada umumnya dikemas dengan sangat baik untuk menjamin kebersihan dan keamanan makanan dari produsen hingga sampai ke tangan konsumen. Pendistribusian frozen food juga sangat diperhatikan, agar bakteri maupun virus tidak masuk ke dalam yang dapat merusak kualitas makanan tersebut.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya