SOLOPOS.COM - Ketupat dan lebaran dalam khazanah budaya Jawa adalah simbol "ngaku lepat" atau mengakui segala kesalahan sekaligus meminta maaf. Penyajian ketupat dan lauk-pauknya adalah simbol kebahagiaan sekaligus ekspresi berbela rasa pada momentum Lebaran. (Antaranews.com)

Solopos.com, SOLO – Menjadi tradisi masyarakat di Jawa, kira-kira kapan Lebaran Ketupat 2022?

Lebaran Ketupat sendiri dikenal masyarakat sejak era penyebaran Islam oleh Wali Songo. Menurut budayawan Zastrouw Al-Ngatawi, tradisi yang biasa dikenal dengan kupatan ini diilhami sebagai sarana untuk mengenalkan ajaran Islam mengenai cara bersyukur kepada Allah SWT, bersedekah, dan bersilaturahmi saat Lebaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tradisi satu ini juga tak bisa lepas dari ketupat. Saat merayakan kupatan, masyarakat membuat ketupat dan dibagi-bagikan kepada tetangga maupun sanak saudara. Bukan hanya ketupat, mereka juga melengkapinya dengan sambal goreng dan bubuk kedelai.

Baca Juga:  Kapan Puasa Syawal Bisa Dilakukan? Ini Jadwal dan Bacaan Niatnya

Lalu, kapan Lebaran ketupat 2022 dirayakan oleh masyarakat Jawa?

Melansir situs resmi Nahdlatul Ulama atau NU online, tradisi ini biasanya digelar seminggu setelah Hari Raya Idulfitri. Menurut kalender Masehi, satu minggu setelah Hari Raya Idulfitri 2022 jatuh pada Senin, 9 Mei 2022.

Baca Juga: Doa Halalbihalal, Cocok Dibaca Saat Merayakan Lebaran

Salah seorang warga Tundungan, Klaten, Jawa Tengah, Widodo, yang juga ikut memeriahkan tradisi ini menyebut ketupat biasanya ketupat bakal ditata sedemikan rupa dan didoakan bersama-sama oleh warga saat Lebaran ketupat.

“Tradisi ini juga menjadi salah satu cara untuk ingat kepada Allah SWT. Tradisi seperti ini nantinya diawali dengan saling memaafkan sesama warga kemudian ketupat itu disedekahkan supaya bisa kita dan keluarga kita diberi kesehatan,” terang dia.

Baca Juga: Sejarah Singkat Hari Raya Idulfitri di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya