SOLOPOS.COM - Ilustrasi mulas (Healthywomen.com)

Info hidup sehat kali ini tentang mitos atau fakta buang air besar membuat tubuh kurus.

Solopos.com, SOLO – Kebanyakan orang merasa tubuh menjadi lebih ringan setelah buang air besar. Oleh sebab itu, banyak orang mengonsumsi obat pencahar agar lebih mudah mengeluarkan tinja yang bertumpuk di dalam tubuh. Tapi, apakah buang air besar memengaruhi berat badan seseorang?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ternyata, anggapan itu benar adanya. Meski tidak terlalu banyak, penulis buku The Pinterest Diet, Mitzi Dulan, mengatakan, buang air besar memengaruhi bobot tubuh seseorang. “Buang air besar memiliki pengaruh pada bobot tubuh seseorang. Bobot tubuh akan berkurang sesuai dengan jumlah tinja yang dikeluarkan. Berat tinja seseorang bervariasi, mulai dari setengah kilogram sampai dua kilogram,” ujar Mitzai seperti dikutip Solopos.com dari Health Magz, Rabu (20/9/2017).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain menimbulkan sensasi plong, buang air besar juga menghilangkan rasa begah di perut. Anda akan merasa lebih nyaman saat mengenakan pakaian karena terasa lebih longgar. “Buang air besar mengurangi kembung dan membuat Anda merasa lebih nyaman mengenakan bawahan apapun. Tak heran, Anda bakal merasa lebih kurus setelah buang air besar,” sambung dia.

Meski terasa lebih nyaman, namun buang air besar tidak benar-benar mengurangi bobot tubuh. Sebab, kotoran yang dikeluarkan adalah sisa makanan, bukan tumpukan lemak dalam tubuh. “Jadi, Anda tidak bisa menjadikan berat badan setelah buang air besar sebagai patokan. Karena yang dibuang lewat anus adalah sisa makanan, bukan lemak,” imbuh Mitzi.

“Jika ingin tahu berat badan yang sebenarnya, menimbanglah di pagi hari tanpa mengenakan busana. Pastikan Anda belum mengonsumsi apapun saat menimbang. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk mengetahui jumlah berat badan yang berkurang,” terang Mitzi.

Lebih lanjut Mitzi menyarankan kepada semua orang untuk tidak menahan keinginan buang air besar. Pasalnya, menahan buang air besar membuat perut terasa penuh dan mulas. “Jangan pernah menahan keinginan buang air besar yang membuat tubuh terasa lebih ringan. Tapi, Anda tidak perlu memaksakan diri membuang kotoran hanya demi menurunkan bobot tubuh. Keinginan buang air besar muncul secara alami. Jangan pernah memaksa, apalagi sampai mengonsumsi obat-obatan yang membuat Anda mulas dan diare,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya