SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

BANTUL—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul bakal melaunching enam Desa Tangguh Bencana (Destana).

Enam desa itu adalah, Desa Poncosari (Kecamatan Srandakan), Wonolelo (Pleret), Mulyodadi (Bambanglipuro) serta Desa Gadingsari, Sanden, Desa Gadingharjo (Sanden) dan Tirtohargo (Kretek).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan pencanangan empat destana akan digelar di Desa Poncosari.”Empat desa yang disebtu pertama di canangkan 1 Juni,  dua desa terakhir akan kan menyusul tahun ini,” katanya kepada Harian Jogja, Selasa (28/5/2013).

Enam desa tersebut dinilai paling layak karena memiliki program desa dalam penanganan bencana  hingga alokasi anggaran desa untuk menopang kegiatan serupa.

Menurut Dwi destana tidak skadar memberi predikat desa, melainkan harus terukur salah satunya warga masyarakat yang sudah sadar bencana .

“Masyarakat satu sama lain harus paham apa yang perlu dikerjakan kalau dilanda sekaligus menghadapi bencana,” tambahnya.

Destana juga mendorong pemerintah desa menggagas program berkelanjutan seperti fasilitasi kegiatan sosialisasi penanganan bencana. Selain itu, imbuh, Dwi, desa membentuk forum pengurangan risiko bencana (FPRB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya