SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerangan jalan umum (JIB/Bisnis/Rachman)

Upaya untuk pengadaannya juga kembali terbentur masalah pendanaan

Harianjogja.com, BANTUL-Bantul kini baru memiliki sekitar 5.000 unit lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di seluruh wilayahnya. Jumlah ini masih jauh dari cukup karena masih diperlukan setidaknya 15.000 unit lagi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aris Suhariyanta, Kepala Dinas Perhubungan Bantul mengatakan, sebagain besar yang belum terpenuhi ialah wilayah pesisir Bantul serta areal pegunungan seperti Dlingo. Namun, masih banyak pula titik di Kecamatan seperti Pleret dan Sewon yang perlu penambahan PJU. Upaya untuk pengadaannya juga kembali terbentur masalah pendanaan sehingga harus dilakukan bertahap.

Baca juga : PJU Bakal Difokuskan ke JJLS

Sebelumnya, Cahyadi, warga Terong, Dlingo mengeluhkan jalur Dlingo-Pathuk yang sama sekali belum memiliki penerangan berupa lampu PJU. Segelintir titik yang ada hanyalah swadaya masyarakat yang memasang lampu mulai dari teras hingga sisi jalan depan rumahnya.

Hal ini dinilai belum memadai sehingga perlu penanganan dari pemerintah. Beberapa titik yang sudah ada, seperti jalur Dlingo-Patuk, bahkan kurang terawat dan sudah rusak. “Belum ada tiga bulan dipasang sudah rusak, enggak nyala lagi,” ujarnya, Selasa (27/2/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya