SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Bantul. (JIBI/Harian Jogja/dok)

Ilustrasi pemeriksaan kesehatan hewan kurban di Bantul. (JIBI/Harian Jogja/dok)

BANTUL – Menjelang hari raya Idul Adha yang jatuh pada Jumat (26/10/2012), Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertahut) Bantul mengaku kekurangan tenaga untuk melakukan pemantauan pemotongan hewan kurban.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Sebab, lokasi pemotongan hewan kurban di seluruh wilayah Kabupaten Bantul kali ini diperkirakan melonjak hingga lebih dari 1.600 titik. Adapun pada 2011 lalu, tercatat ada 1.583 lokasi pemotongan hewan kurban.

Sementara, jumlah pengawas yang tersedia di Dispertahut Bantul hanya 140 orang. Dari jumlah itu, 65 pengawas di antaranya mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM) yang diperbantukan.

Menurut Kabid Kesehatan Hewan Dispertahut Bantul, Agus Riyatmadi, pemantauan itu demi memastikan penyembelihan hewan kurban sesuai dengan pola ASUH (aman, sehat, utuh, halal). “Siang ini (kemarin), sedang dilakukan pelatihan untuk para pengawas,” kata Agus, Selasa (23/10/2012).

Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dispertahut Bantul, Witanta, menambahkan, pemantauan penyembelihan hewan kurban juga akan dibantu oleh para takmir masjid yang telah mendapatkan bimbingan dari Pemprov DIY dan Pemkab Bantul.

Sejak awal bulan lalu, sudah ada 122 takmir masjid yang telah mendapat pelatihan itu. “Meski sebagian besar masyarakat sudah paham seputar cacing hati, kami tetap akan memaksimalkan pemantauan sekaligus sosialisasi mengenai pola penyembelihan yang ASUH,” terang Witanta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya