SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi untuk membajak sawah (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harianjogja.com, BANTUL- Kegiatan Bantul Ekspo 2014 bakal membuat rekor baru yang akan dicatat di Museum Rekor Indonesia (MURI), yakni berupa Klontong Terbesar.

Klontong adalah benda semacam bel yang biasa digunakan oleh sapi dengan dipasang pada kalung yang melingkar di leher sapi. Klontong  terbuat dari kuningan bercampur dengan tembaga.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Sapi di jaman dulu merupakan andalan para petani untuk menggarap sawah ataupun sebagai hewan transportasi (penarik gerobag). Hal ini merupakan salah satu peninggalan warisan budaya yang perlu dilestarikan.

“Kami berharap dengan adanya klontong, masyarakat akan kembali teringat kenangan masa lalu saat sapi dan gerobag mengalami kejayaannya,” kata Ketua Panitia Bantul Ekspo sekaligus Kepala Bagian Humas, Heni Purwanta, Kamis (19/6/2014).

Saat ini, ia menyebutkan, sapi dikenal hanya sekadar sebagai hewan yang dipotong. “Harapannya generasi muda bisa tahu dan melestarikan budaya warisan nenek moyang, ” kata Heni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya