SOLOPOS.COM - Kondisi Gedung Serba Guna Desa Gadingan, Mojolaban, Selasa (29/10/2013) siang. Dalam waktu dekat Pemkab Sukoharjo akan mengucurkan bantuan keuangan Rp197 juta untuk penyelesaian gedung tersebut.(JIBI/Solopos/Kurniawan)

Solopos,com, SUKOHARJO–Pemerintah Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, akan mendapatkan bagi hasil bantuan keuangan (BHBK) senilai Rp197,5 juta dari Pemkab Sukoharjo.

Dana yang sudah dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahann 2013 tersebut akan digunakan untuk penyelesaian pembangunan Gedung Serba Guna Gadingan. Informasi tersebut diperoleh solopos.com,  dari Kepala Desa Gadingan, Asih Suroso, saat ditemui solopos.com, di kantornya, Selasa (29/10/2013).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Dalam APBD Perubahan tahun ini sudah digedok,” katanya.

Rencananya, dia menjelaskan, dana BHBK akan diprioritaskan untuk pembuatan lantai gedung. Sedangkan pemanfaatan gedung bisa beraneka ragam seperti untuk pertemuan atau olahraga bulu tangkis. Kendati dikenal sebagai sentra kerajinan shuttlecock, Gadingan belum mempunyai gedung olahraga bulu tangkis. Asih berharap gedung serba guna bisa menjadi ikon baru Desa Gadingan.

“Warga bertekat menyelesaikan pembangunan gedung serba guna ini. Sebagai sentra produksi shuttlecock sudah seharusnya Gadingan memiliki gedung olahraga bulu tangkis,” urainya.

Pemdes Gadingan berharap Bupati Sukoharjo bisa meresmikan operasional gedung tersebut tahun depan. Mengenai konsep peresmian sedang dimatangkan. “Mudah-mudahan Pak Bupati bisa sekaligus menjajal lapangan bulu tangkisnya. Sekalian promosi shuttlecock,” pungkas dia.

Pernyataan senada disampaikan Sekretaris Desa Gadingan, Ismanto. Menurut dia, pembangunan gedung serba guna sudah berjalan empat tahun terakhir. Sumber dananya berasal dari alokasi dana desa (ADD) dan bantuan dan PNPM Mandiri Perdesaan.
Dia meyakini pembangunan gedung bisa rambung dengan gelontoran BHBK dari kabupaten. Selain untuk olah raga masyarakat, gedung bisa dikomersialkan untuk acara pertemuan.

“Gedung bisa disewakan untuk acara-acara pertemuan dengan dikelola oleh desa,” katanya.

Ismanto melanjutkan, masyarakat Gadingan sudah lama mengharapkan adanya gedung serba guna yang layak. Selain untuk olah raga, gedung serba guna bisa menjadi media sosialisasi warga. “Nantinya semua warga membaur di gedung ini,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya