SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas pengelolaan paket di kantor pos (JIBI/dok)

Solopos.com, KLATEN--Tidak adanya Kantor Pos cabang di Kecamatan Kalikotes dan Kemalang membuat pihak Kantor Pos Klaten menerapkan sistem jemput bola. Untuk itu, Kantor Pos Klaten membuka empat titik pelayanan pengambilan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di dua kecamatan itu.

Menurut Kepala Kantor Pos Klaten, Sugandi, empat titik pelayanan tersebut terdiri atas satu titik di Kecamatan Kalikotes dan tiga titik di Kecamatan Kemalang. Pelayanan itu bertujuan mempermudah rumah tangga sangat miskin (RTSM) dalam mengambil bantuan PKH.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Di Klaten, ada dua kecamatan yang tidak memiliki kantor pos cabang yakni Kecamatan Kalikotes dan Kemalang, sehingga kami mendekatkan pelayanan di empat titik. Untuk warga Kalikotes kami layani di Kantor Kecamatan Kalikotes, kemarin [Sabtu (11/1)]. Sedangkan warga Kemalang kami layani di tiga titik yakni di Balaidesa Tangkil, Talung, dan Kemalang, hari ini [Minggu (12/1)],” katanya saat dihubungi Solopos.com, Minggu (12/1/2014).

Ia menambahkan di wilayah Kecamatan Kemalang harus dilayani di tiga titik karena ada beberapa desa yang dipisahkan dengan Kali Woro. Maka, warga di wilayah barat dipusatkan di Balaidesa Talung, wilayah tengah di Balaidesa Kemalang, sedangkan wilayah timur di Balaidesa Tangkil.

Mekanismenya, lanjut dia, warga di wilayah tersebut diberi surat undangan untuk datang ke lokasi yang sudah ditentukan sesuai domisili terdekat. Nantinya, di titik pengambilan bantuan tersebut ada pendamping yang bertugas untuk memverifikasi sesuai daftar penerima bantuan.

“Pendekatan pelayanan ini hanya kami lakukan sehari karena disesuaikan jadwal pembagian massal. Sedangkan warga yang tidak bisa mengambil di jadwal itu, tetap akan kami layani. Mereka bisa datang ke kantor pos cabang terdekat, misalnya warga Kecamatan Kalikotes bisa ke Kantor Pos Trucuk atau Klaten. Sedangkan warga Kemalang bisa ke Kantor Pos Manisrenggo atau Karangnongko,” ujarnya.

Di sisi lain, pada 2014 ini, pihaknya telah mengusulkan rencana pembangunan Kantor Pos cabang di Kecamatan Kemalang dan Kalikotes ke PT Pos Indonesia. Ia berharap usulan tersebut bisa disetujui sehingga memudahkan pelayanan ke masyarakat.

Terpisah, Camat Kemalang, Bambang Haryoko, mengatakan pembagian bantuan di tiga lokasi tersebut bisa meringankan masyarakat sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya transportasi. Ia berharap bantuan PKH tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin di wilayahnya.

“Pendataan penerima PKH ini relatif objektif sehingga bisa lebih tepat sasaran. Ke depan, jika ada pemberian bantuan kepada warga miskin, pendataannya bisa dilakukan seperti PKH yang dilakukan para pendamping. Jadi, bantuan itu tidak disalahgunakan untuk kepentingan tertentu,” katanya kepada Espos, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya