SOLOPOS.COM - Bangunan gedung baru Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) di Jl DI Panjaitan, Banjarsari, Solo, Selasa (8/1/2013). Direncanakan gedung itu akan difungsikan Februari mendatang. (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Bantuan pendidikan Solo, Disdikpora kebut penyelesaian verifikasi data siswa penerima PIP.

Solopos.com, SOLO–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo kebut verifikasi data siswa yang akan disusulkan sebagai calon penerima dana bantuan dari Program Indonesia Pintar (PIP). PIP sebelumnya program Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikpora Solo, Bambang Wahyono, mengatakan untuk jenjang SMP di Solo, pihaknya mencatat ada 4.534 siswa yang sudah dinyatakan berhak mendapatkan bantuan tersebut. Saat ini, pencairan dana PIP oleh siswa maupun sekolah, sudah mulai dilakukan.

“Sebagian besar siswa atau sekolah memproses pencairan dana PIP ini setelah masa UTS [ujian tengah semester], tapi ada pula yang sudah mulai proses sebelum atau saat UTS dilangsungkan. Ya tergantung kebijakan sekolah atas persetujuan siswa masing-masing. Yang jelas untuk siswa yang sudah dinyatakan berhak menerima bantuan tersebut, sudah bisa mencairkannya,” ujar Bambang ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (12/10/2015).

Sedangkan data siswa yang akan diajukan kembali dalam daftar calon penerima bantuan serupa, juga masih dalam proses verifikasi.

“Data siswa yang kami verifikasi ini adalah data yang akan disusulkan,  Hal ini kami laksanakan sesuai petunjuk dan instruksi dari pemerintah pusat,” jelas dia.

Mengingat keterbatasan tempat dan kemampuan server yang dimiliki Disdikpora Solo, Bambang menjelaskan verifikasi data siswa tersebut dilakukan secara bergiliran untuk 7 sekolah setiap harinya.

“Proses verifikasi kami lakukan secara maraton, dengan mengundang petugas operator dari masing-masing sekolah untuk menginput data siswa yang dinilai layak mendapatkan bantuan tersebut,” imbuhnya.

Verifikasi tersebut, lanjut Bambang, juga berkoordinasi dengan masing-masing unit pelaksana teknis dinas (UPTD) Dikpora di setiap kecamatan dan juga sekolah.

“Sebab data tentang siswa yang punya dan mengetahui pasti kondisi siswa kan sekolah,” papar dia.

Bambang berharap siswa yang kali ini diusulkan bisa dinyatakan berhak menerima bantuan dari pemerintah pusat melalui PIP tersebut.

Sementara itu, Sekretaris Disdikpora Solo, Aryo Widyandoko, mengatakan bantuan serupa juga dialokasikan pemerintah pusat untuk siswa jenjang SMA dan sekolah dasar (SD).

“Bantuan ini memang untuk semua jenjang, mulai dari SD hingga SMA. Namun untuk data ada di masing-masing bidang. Untuk pencairan, saat ini sudah bisa diproses,” tambah Aryo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya