Tutup Iklan

BANTUAN PENDIDIKAN SOLO : 23.102 Pelajar di Solo Diusulkan Dapat KIP

BANTUAN PENDIDIKAN SOLO : 23.102 Pelajar di Solo Diusulkan Dapat KIP

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kartu Indonesia Pintar (KIP). (JIBI/Solopos/Antara/Dewi Fajriani)

Bantuan pendidikan Solo, sebanyak 23.102 pelajar bakal mendapat KIP.

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 23.102 pelajar dari berbagai jenjang sekolah di Kota Solo diusulkan mendapat Kartu Indonesia Pintar (KIP) tahun ini.

Jumlah itu diperoleh dari hasil pendataan dan aktivasi KIP. Dari 23.102 pelajar tersebut diperinci menjadi 13.459 pelajar sekolah dasar (SD), 5.299 pelajar SMP, 1.524 pelajar SMA, 2.131 pelajar SMK, dan 689 pelajar sekolah luar biasa (SLB).

Pendataan dan aktivasi KIP dan penerima dana Program Indonesia Pintar (PIP) Tahun Pelajaran 2016/2017 yang semula ditenggat 31 Agustus 2016, oleh pemerintah pusat diperpanjang hingga 30 September.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Aryo Widyandoko, ketika dimintai konfirmasi seputar pendataan dan aktivasi KIP dan penerimaan dana PIP, menjelaskan pelaksanaannya langsung ditangani sekolah.

“Dari Disdikpora Solo tidak berperan secara langsung, hanya memfasilitasi koordinasinya serta memonitor, tapi pelaksananya ada di sekolah, ujung tombaknya adalah kepala sekolah dan operator sekolah," kata dia melalui telepon, Kamis (6/10/2016).

Data siswa yang diusulkan mendapatkan KIP langsung dimasukkan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Dengan demikian, data tersebut bisa diakses langsung oleh masyarakat. Disdikpora hanya menerima rekapannya.

Terkait kriteria siswa yang bisa diusulkan sebagai penerima KIP, menurut Aryo, sudah ditentukan oleh pemerintah. Sedangkan usulan baru tidak terbatas hanya pada nama-nama yang masuk dalam Surat Keputusan (SK) Wali Kota Solo tentang siswa tidak mampu, namun bisa diajukan kepala sekolah dengan melihat latar belakang siswanya.

“Kalau memang kepala sekolah menilai siswa tersebut masuk kategori tidak mampu bisa diusulkan untuk mendapatkan KIP,” ungkap dia.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikpora Solo, Bambang Wahyono. Dia menyebutkan siswa yang diusulkan menjadi penerima KIP salah satunya harus menyertakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) yang diketahui pengurus RT, RW, dan kelurahan asal.

Namun, dia menambahkan setelah usulan diajukan, bagi usulan baru tersebut akan ada penyaringan dan pengecekan silang oleh tim dari pemerintah pusat terhadap kelayakan penerima bantuan tersebut.

“Bagi usulan baru juga akan dijaring, dicek silang nama, asal sekolah, orang tua, benar atau tidak, layak atau tidak siswa yang diusulkan itu mendapatkan bantuan tersebut,” jelasnya.

Bambang menjelaskan, selain pemegang KIP, anak-anak yang mendapatkan bantuan dana pendidikan dari PIP adalah pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) SD dan Anak Usia Dini (AUD) Disdikpora Solo, Wahyono, berharap dengan diajukannya usulan tersebut, siswa dari keluarga tidak mampu, termasuk yang rentan miskin, diharapkan terbantu dalam membiayai pendidikan mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lockdown Total Malaysia Diperpanjang 2 Pekan

Aturan lockdown total atau kontrol gerakan Malaysia yang dikenal sebagai MCO 3.0, diperpanjang dua pekan lagi, 15 Juni hingga 28 Juni 2021.

Begini Menag Sikapi Keputusan Haji 2021 Arab Saudi

Menteri Agama Yaqaut Cholil Qoumas menyatakan pemerintah tidak lagi fokus pada penyelenggaraan ibadah haji 2021 setelah keputusan Arab Saudi.

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.