BANTUAN PEMERINTAH : DPPKP Bantul Verifikasi Kelompok Ternak Penerima Bantuan

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bantuan sebanyak 120 ekor sapi nantinya akan dibagikan kepada delapan kelompok peternak sapi.

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul segera melakukan verifikasi calon penerima dan calon lokasi penerima bantuan 120 ekor sapi dari pemerintah pusat.

Kepala DPPKP Kabupaten Bantul, Pulung Haryadi mengatakan Bantuan sebanyak 120 ekor sapi nantinya akan dibagikan kepada delapan kelompok peternak sapi. Namun terlebih dahulu sejumlah kelompok ternak yang sampai sekarang sudah mengirimkan proposal, akan dilakukan verifikasi demi menentukan kelayakanya.

“Kami teliti bagaimana kesiapanya, kandangnya seperti apa, organisasinya seperti apa, apakah mereka sudah memiliki mekasisme Anggaran Dasar Aaturan Rumah Tangga (ADART) organisasi atau tidak. Jadi tidak asal kelompok. Kelompok yang benar-benar jalan, makanya perlu diverifikasi di lapangan,” kata Pulung saat ditemui di kantornya, Selasa (3/1/2017).

Tambahnya lagi yang menjadi prioritas penerima bantuan adalah kelompok yang telah menjadi sentra peternakan. “Tidak akan disebar seluruh Bantul, tapi berdasarkan saran Pak Bupati itu harus ada dalam satu sentra. Jadi misalnya jangan sampai di daerah-daerah yang tidak banyak pakan sapi malah dapat [bantuan]. Mungkin bisa di Dlingo, Pungdong atau daerah lain yang mungkin dapat dikembangkan menjadi sentara ternak sapi,” tambahnya.

Mengenai verifikasi tersebut kata dia telah menjadi tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Bantul, dalam hal ini DPPKP. Sedangkan untuk pendanaan dan hasil verifikasi selanjutnya akan diserahkan kepada Pemda DIY untuk ditentukan penerima bantuan tersebut.

Lanjutunya lagi, bantuan sapi kepada kelompok pertenak tersebut merupakan program nasional sapi indukan wajib bunting. Hal itu demi mewujudkan target pemerintah untuk swasembada daging pada 2020. “Tidak boleh diperjual belikan [sapi], harus dianakkan karena itu kan untuk menambah populasi [sapi]. Yang jelas satu indukkan itu harus bunting,” ujarnya.

Kendati demikian, Pulung mengaku belum tahu perihal kapan realisasi bantuan Ratusan sapi jenis Peranakan Ongole (PO) itu. Sapi hasil persilangan antara jenis sapi India dan Jawa itu diharapkanya dapat dibagikan kepada kelompok ternak, segera setelah verifikasi sudah rampung dilakukan.

Sementara itu, salah seorang Ketua Kelompok Ternak Sapi Gemati, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Suratman, mengaku belum tahu terkait adanya program bantuan sapi tersebut. Namun kelompok ternaknya itu sebelumnya telah menerima bantuan dari dana aspirasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bantul.


Berita Terkait

Berita Terkini

KPK Gelar Kasus OTT Bupati Musi Banyuasin dan Barang Bukti Uang Suap

Kasus dugaan suap proyek infrastruktur di Kabupaten Musi Banyuasin 

Cerita Gibran 5 Hari Tersesat di Alam Gaib

Kisah misteri kali ini menceritakan pengalaman Gibran yang hilang selama lima hari dan tersesat di alam gaib kawasan Gunung Guntur.

Begini Kerusakan Akibat Gempa Berkekuatan Magnitudo 4,8 di Bali

Tiga orang meninggal dunia serta tujuh orang juga mengalami patah tulang

China Rebut Piala Uber Seusai Tundukkan Jepang 3-1

Tim China berhasil menundukkan Jepang pada final Piala Uber 2020 dalam finla yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Alasan Kiwil Poligami: Istri Kayak Mobil

Kiwil blak-blakan tentang alasannya poligami dan menganalogikan istri seperti mobil.

40% Populasi Dunia Tak Mendapat Akses ke Makanan Sehat

Makanan yang kita pilih dan cara kita memproduksi, menyiapkan, memasak, dan menyimpan menjadikan kita bagian yang tak terlepas dari sistem pertanian pangan.

10 Berita Terpopuler: Peraih Emas Terbanyak PON - Tragedi Susur Sungai

Ulasan tentang Adinda peraih terbaik ajang PON Papua dalam tangan masih tertanam pen menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Minggu (17/10/2021).

Sah! Putri Bill Gates Nikah Islami dengan Nassar, Mualaf?

Putri Bill Gates menikah secara islami dengan kekasihnya, Nayel Nassar, yang berasal dari Mesir setelah sekian lama bertunangan.

Ratusan Penerima PKH di Klaten Ternyata Punya Mobil hingga Rumah Mewah

Sedikitnya 250 keluarga penerima manfaat (KPM) di Klaten diusulkan segera dinonaktifkan dari program keluarga harapan (PKH).

Asale Pusat Olahraga Terpadu di Sukoharjo Jadi Gedung Budi Sasono

Pemkab Sukoharjo berencana membangun gedung pertemuan Budi Sasono berkapasitas sekitar 2.500 orang.

Indonesia ke Final Piala Thomas, Fajar/Rian Termotivasi Kemenangan Jojo

Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengungkap kemenangan yang diraih oleh Jonatan Christie (Jojo).

Tampil Dominan, Manchester City Tundukkan Burnley 2-0

Manchester City raih kemenangan meyakinkan 2-0 atas Burnley dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Etihad Stadium.

Susah Payah, Chelsea Hanya Menang Tipis 1-0 di Markas Brentford

Chelsea menang susah payah 1-0 saat bertamu ke Brentford dalam lanjutan pekan kedelapan Liga Inggris di Community Stadium.

Leicester Menang Meyakinkan 4-2 Saat Menjamu Manchester United

Manchester United takluk di kandang Leicester dengan skor 2-4 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di King Power Stadium.

Liverpool Bekuk Watford 5-0, Firmino Sumbang Trigol

Liverpool menang besar saat membantai Watford 5-0 dalam lanjutan Liga Inggris pekan kedelapan di Vicatage Road Stadion..