SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyandang disabilitas. (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Sasaran penerima alat bantu adalah peserta Jamkesus yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY

Harianjogja.com, BANTUL – Sebanyak 150 penyandang disabilitas atau difabel asal Kabupaten Bantul, memperoleh bantuan alat bantu melalui program pelayanan Jaminan Kesehatan Khusus terpadu tahun anggaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kegiatan pelayanan Jamkesus terpadu ini merupakan kegiatan ketiga dan menyasar ke 150 peserta dari wilayah Kecamatan Banguntapan, Piyungan dan Pleret,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Maya Sintowati seperti dikutip Antara, Rabu (31/8/2016).

Menurut dia, sasaran penerima alat bantu dalam kegiatan ini adalah peserta Jamkesus yang telah ditetapkan dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY. Dan sebelum menerima alat bantu, penyandang disabilitas ini telah diperiksa tim dokter.

Maya mengatakan, penyelenggaraan pelayanan terpadu ini sebagai akselerasi akses kunjungan kepada penyandang difabel dalam pelayanan kesehatan dan alat bantu bagi peserta Jamkesus di Bantul.

“Tujuan dari pelayanan Jamkesus terpadu ini adalah memberikan akses pelayanan kesehatan kepada peserta secara dengan sistem pelayanan satu atap atau terpadu,” katanya.

Ia mengatakan, pelayanan jamkesus terpadu ini melibatkan dokter keluarga, dokter spesialis, rumah sakit, dan juga tenaga kesehatan dari berbagai instansi serta lembaga terkait.

“Sementara untuk penyedia alat bantu berasal dari berbagai lembaga yang menangani kursi roda, ‘orthosis protesis’, kacamata, alat bantu dengar dan lain sebagainya,” katanya.

Menurut dia, di Bantul pelayanan Jamkesus terpadu tahun 2016 direncanakan berlangsung empat kali, kegiatan pertama dilaksanakan pada April 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 108 orang dari wilayah kecamatan Sedayu, Kasihan, Sewon, Pajangan, Bantul dan Jetis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya