SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi JIBI/Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya

Bantuan instalasi listrik Solo, Bappeda menyalahkan kelurahan dalam memberikan informasi tentang bantuan dari pemerintah pusat.

Solopos.com, SOLO--Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo menyayangkan kelurahan yang menginformasikan kepada masyarakat ihwal bantuan pemasangan instalasi listrik. Saat ini Pemkot baru melakukan pendataan warga miskin (gakin) yang belum memiliki instalasi listrik dan belum ada kepastian mengenai bantuan tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Bidang (Kabid) Data dan Pelaporan Bappeda Solo, Zein, mengatakan Pemkot mendapatkan surat dari Pemprov Jateng untuk melakukan pendataan gakin yang belum memiliki instalasi listrik pada 28 Agustus. Setelah itu, Pemkot menyurati seluruh kelurahan untuk menginformasikan dan mendata gakin tersebut.

Zein mengatakan pendataan ini hanya untuk mendata gakin yang tidak memiliki instalasi listrik dan tidak ada ihwal pemberian bantuan. Menurut dia, adanya informasi yang beredar di masyarakat mengenai bantuan pemasangan instalasi listrik merupakan kekeliruan informasi.

“Dalam surat yang diedarkan ke kelurahan pun jelas tidak menyebutkan adanya bantuan yang akan diberikan kepada gakin,” kata dia saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Senin (26/10/2015).

Zein menambahkan data tersebut sudah dikirimkan ke Pemprov Jateng pada 21 September. Namun, dia enggan menginformasikan jumlah gakin di Solo yang belum memiliki instalasi listrik.

Lebih lanjut, Zein mengaku tidak mengetahui bantuan seperti apa yang akan diberikan pemerintah. Diperkirakan pendataan ini untuk mengusulkan program dan penetuan kebijakan terhadap gakin yang belum memiliki instalasi listrik.

“Kami tidak tahu. Kami hanya diminta untuk mendata. Informasi ke kelurahan juga hanya sebatas pendataan,” ujar dia.

Sekretaris Kelurahan Jebres, Parjiman, mengatakan RTS yang belum memiliki instalasi listrik di Jebres terdata kurang lebih 125. Data tersebut sudah dikirimkan ke Bappeda sejak 21 September.

Parjiman mengatakan pendataan gakin tersebut diperkirakan akan mendapatkan bantuan pemasangan instalasi listrik. Tetapi, pihaknya mengaku tidak mengetahui secara pasti bantuan yang akan diberikan kepada gakin tersebut seperti apa.

“Sebenarnya masih banyak warga yang belum terdata. Tetapi, karena waktu pendataan mepet jadi yang terdata hanya itu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya